Selasa 21 Nov 2023 03:27 WIB

Hadapi Potensi Bencana dan Pemilu 2024, Begini Persiapan Polresta Yogyakarta

Petugas agar selalu memonitor perkembangan situasi kamtibmas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Anggota Polresta Yogyakarta saat mengikuti apel gelar pasukan (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Anggota Polresta Yogyakarta saat mengikuti apel gelar pasukan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- DIY sudah mulai memasuki musim hujan di November 2023 dasarian 2. Polresta Yogyakarta pun memastikan personelnya sudah siap untuk menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi selama musim hujan khususnya di DIY.

"Kita tahu belakangan ini hujan mulai terus mengguyur, dan telah terjadi banyak bencana banjir, serta gangguan kamtibmas lainnya di berbagai wilayah Indonesia," kata Wakapolresta Yogyakarta, AKBP Rudi Setiawan, dalam Apel Pengecekan Randis dan Peralatan SAR di halaman Mapolresta Yogyakarta, Senin (20/11/23).

Apel tersebut diikuti personel Sat Samapta Polresta Yogyakarta maupun jajaran polsek yang terlibat dalam tim SAR. Rudi mengatakan apel tersebut dilakukan untuk melihat kesiapsiagaan personil dalam menanggulangi bencana yang memerlukan kehadiran kepolisian.

"Untuk itu kita agar selalu memonitor perkembangan situasi kamtibmas di sekitar, dan harus siap digerakkan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan," ujar Rudi.

Selain itu, pihaknya juga memastikan kondisi peralatan dinas milik Polresta Yogyakarta maupun jajaran polsek yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas SAR. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap alat-alat seperti gergaji mesin, kapak, apar, tali tiedown, tali tambang, tandu, lampu senter, sekop, sepatu boot, mantel, dan alat lainnya.

Rudi juga menekankan kepada seluruh personel Polresta Yogyakarta untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dinas dan peralatan SAR secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan dan peralatan SAR selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan saat dibutuhkan dalam kondisi apapun.

"Kendaraan yang akan dipakai harus dicek semaksimal mungkin, jangan sampai pada pelaksanaan tugas nanti kendaraan yang dipakai menjadi hambatan. Terutama kendaraan dan peralatan SAR yang sangat penting digunakan dalam penanggulangan bencana alam," katanya.

Tidak hanya itu, apel digelar juga dalam rangka memastikan kesiapan untuk Pemilu 2024, di mana saat ini tahapannya terus berjalan. Rudi menuturkan penting untuk memastikan personelnya siap menghadapi pemilu mengingat adanya potensi gesekan atau konflik yang terjadi di masyarakat.

"Saya berharap seluruh personel Polresta Yogyakarta dapat selalu waspada dan sigap dalam menghadapi segala situasi," tambah Rudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement