Ahad 26 Nov 2023 13:36 WIB

Yogya Berpotensi Diguyur Hujan Lebat pada Ahad Siang Hingga Sore

BMKG memprediksi wilayah Yogya akan diguyur hujan pada Ahad siang hingga sore.

Musim hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA menyebut bahwa Ahad (26/11/2023) ini berpotensi hujan lebat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kondisi cuaca tersebut diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari.

"Siang hingga sore hari ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata BMKG Stamet YIA, Ahad (26/11/2023).

Dijelaskan bahwa potensi hujan ini dapat terjadi di sebagian besar wilayah DIY. Yakni meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon progo bagian utara, dan Kabupaten Gunungkidul bagian utara.

"Untuk suhu udara bisa mencapai 22-31 derajat Celsius dan kelembapan udara mencapai 70-95 persen," ujar BMKG Stamet YIA.

 

Untuk itu, warga diimbau mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut. Terutama yang berdomisili di daerah-daerah perkiraan mengingat hujan ini dapat disertai angin kencang.

"Peringatan dini, waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara," katanya.

Sementara itu, diperkirakan tidak terjadi gelombang tinggi di perairan selatan DIY pada Ahad (26/11/2023). Pasalnya, BMKG memperkirakan tinggi gelombang di kisaran 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," ujar BMKG Stamet YIA.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement