Senin 27 Nov 2023 14:53 WIB

Jelang Nataru, Daop 8 Surabaya Lakukan Perawatan Rel Kereta

Pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA dilakukan secara berkala.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan wesel rel pada jalur KA (ilustrasi)
Foto: Antara/Siswowidodo
Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perawatan wesel rel pada jalur KA (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan perawatan rel kereta api dalam upaya menjaga keselamatan dan keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Perawatan rel dilakukan sesuai mitigasi potensi risiko dan profil masing-masing kepadatan tanah pada beberapa daerah.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, Daop 8 memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer dan melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur. "Batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi," ujarnya, Senin (27/11/2023).

Untuk memastikan keamanan, lanjut Luqman, Daop 8 melakukan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA berkala. Perawatan secara berkala diperlukan untuk memastikan kondisi layak standar operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku.

"Selain itu, kami juga meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan kereta api," ujarnya.

 

Dijelaskan, salah satu pekerjaan perawatan yang dilakukan adalah perawatan jalur rel di kilometer 11+5/6, petak jalan Stasiun Wonokromo-Stasiun Waru. Perawatan meliputi pengukuran lebar jalur rel, angkat listring, penggantian maupun pengisian batu ballast, hingga penggantian bantalan rel.

"Dan selama proses perawatan jalur rel ini tidak akan menimbulkan dampak terhadap waktu tempuh perjalanan kereta api," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement