Kamis 07 Dec 2023 10:32 WIB

Update Prakiraan Cuaca di DIY: Hujan Intensitas Sedang-Lebat Hari Ini

Pada malam hari juga terjadi potensi hujan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Pengendara menggunakan jas hujan menembus hujan di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengendara menggunakan jas hujan menembus hujan di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kondisi cuaca di wilayah DIY diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Kamis (7/12/2023). Cuaca hujan diprediksi terjadi pada siang hingga sore hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA menyebut potensi hujan tersebut dapat terjadi di seluruh kabupaten/kota di DIY.

"Potensi hujan sedang-lebat di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulonprogo bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara pada siang sampai sore hari," kata BMKG Stamet YIA, Kamis (7/12/2023).

Untuk itu, masyarakat diminta waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat. Terutama yang berada di daerah terjadinya potensi hujan.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang ," jelas BMKG Stamet YIA.

Sedangkan, pada malam harinya juga terjadi potensi hujan, namun dengan intensitas yang tidak tinggi. Meski begitu, BMKG Stamet YIA memprediksi bahwa potensi hujan pada malam hari ini hanya akan terjadi di sebagian wilayah DIY.

"Malam hari berpotensi hujan ringan di Sleman bagian utara dan Kulonprogo bagian selatan," urai BMKG Stamet YIA.

Lebih lanjut dikatakan untuk suhu udara pada Kamis (7/12/2023) ini mencapai 22-30 derajat Celcius. Sementara itu, untuk kelembaban udara berkisar antara 70-95 persen.

Terkait arah angin, dikatakan bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. BMKG Stamet YIA pun memperkirakan tinggi gelombang laut di perairan selatan DIY berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Sehingga, tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," ungkap BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement