Sabtu 09 Dec 2023 19:35 WIB

Tuan Rumah Persebaya Ditahan Imbang Macan Kemayoran

Hasil ini imbang ini merupakan yang enam kalinya bagi Persebaya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Fernan Rahadi
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhamad Kasim Botan terjatuh saat berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/10/2023). Persebaya Surabaya dikalahkan oleh Persib Bandung dengan skor 2-3.
Foto: ANTARA/Rizal Hanafi
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhamad Kasim Botan terjatuh saat berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/10/2023). Persebaya Surabaya dikalahkan oleh Persib Bandung dengan skor 2-3.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bigmatch pekan ke-22 BRI Liga 1 antara Persebaya melawan Persija berakhir imbang 1-1, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (9/12/2023). Permainan berlangsung dengan intensitas tinggi, khususnya pada babak kedua.

Persija unggul cepat atas Persebaya ketika laga baru berjalan tujuh menit melalui sepakan gelandang asal Polandia Maciej Gajos. Memanfaatkan assist Hanif Sjahbandi, Gajos menggunakan kaki kirinya dan mengarahkan bola arah tengah gawang yang tak bisa dihalau kiper Persebaya.

Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang hingga 20 menit pertama. Macan Kemayoran lebih banyak mengeksploitasi sisi kanan pertahanan tuan rumah. Beberapa kali Firza Andhika berhasil leluasa menggiring bole mendekat ke area pertahanan Persebaya.

Bajul Ijo meningkatkan serangan memasuki menit ke-20. Hal ini membuat tempo permainan kian cepat dan terjadi jual beli serangan. Pada menit ke-25 Persebaya menyamakan kedudukan 1-1 lewat tembakan Bruno.

 

Skor imbang ini membuat permainan berimbang. Persebaya lebih tenang setelah berhasil menyamakan kedudukan. Mereka mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Persija.

Dalam lima menit terakhir babak pertama, Persebaya tampil lebih menekan. Beberapa kali mereka memaksa pemain belakang Persija memotong laju serangan. Salah satunya pada menit ke-43 saat pemain Persebaya menguasai di sekitar kotak penalti Persija sebelum bola di kaki Botan berhasil dijangkau oleh lawan. Hingga babak pertama usai skor bertahan 1-1. 

Babak kedua berjalan dengan tempo permainan lebih cepat. Benturan-benturan keras juga beberapa kali terjadi yang menyebabkan wasit harus meniup pluitnya dan mengeluarkan kartu kuning.

Pada menit ke-53, Persija mendapatkan peluang melalui bola mati di sisi kanan pertahanan Persebaya. Tendangan Gajos disambut oleh Hanan namun tembakan kaki kirinta melambung ke atas mistar.

Pada menit ke-56, bek Persija yang juga mantan bintang Persebaya Rizky Ridho mendapatkan kartu kuning karena melanggar Paulo Henrique saat menyambut bola lambung dari belakang. Sehingga menghasilkan tendangan bebas.

Yan Victor yang mengambil tugas tendangan bebas mampu ditangkap sempurna oleh Andritany. Sebab tendangannya terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang.

Rizky Ridho terpaksa harus kembali menjegal pemain Persebaya di dekat kotak penalti yakni Bruno yang melewati dua pemain Persija sebelumnya dengan skill individunya. Namun Victor kembali gagal mengeksekusi tendangan menjadi gol.

Kedua tim sama-sama kesulitan mencari gol tambahan. Hingga laga berakhir skor bertahan 1-1. Hasil ini imbang ini merupakan yang enam kalinya bagi Persebaya dan 11 kali untuk Persija. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement