Jumat 29 Dec 2023 15:19 WIB

Presiden dan Menteri ATR/BPN Serahkan Hasil PTSL 2023 di Jawa Timur

Pemerintah terus memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.

Presiden dan Menteri ATR/BPN Serahkan Hasil PTSL 2023 di Jawa Timur
Foto: Dok Republika
Presiden dan Menteri ATR/BPN Serahkan Hasil PTSL 2023 di Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO - - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 4.000 sertifikat di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Rabu (27/12/2023). 

Sertifikat yang diserahkan terbagi atas 3.200 sertifikat hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 800 sertifikat Redistribusi Tanah yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan bahwa sertifikat ini sangat penting sebagai bukti kepemilikan tanah bagi masyarakat. "Semua sertifikat yang keluar dari BPN ini adalah bukti hukum hak atas tanah yang Bapak/Ibu miliki," ujarnya.

Joko Widodo menjelaskan, dengan sertifikat masyarakat tidak perlu takut lagi akan adanya sengketa ataupun konflik. Masyarakat pun akan aman dan nyaman dalam memanfaatkan lahan tersebut.

Ia juga mengatakan, sejak adanya program PTSL jumlah sertifiikat yang terbit berhasil meningkat signifikan. "Ada 126 juta bidang tanah yang harus disertipikatkan. Pada tahun 2015 baru ada 46 juta, sehingga konflik di negara kita banyak karena tanahnya belum bersertipikat. (Melalui PTSL, red) inilah usaha kita mempercepat yang namanya penyertipikatan tanah," ungkap Presiden RI.

Di kesempatan yang sama, Hadi Tjahjanto menyampaikan, Kementerian ATR/BPN akan terus memberi kepastian hukum kepada masyarakat. "Program PTSL dan Redistribusi Tanah akan terus dilanjutkan sampai dengan permasalahan-permasalahan di lapangan selesai," tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement