Kamis 04 Jan 2024 12:59 WIB

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Ada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

BMKG mengimbau masyarakat waspada akan kondisi cuaca.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Yogyakarta memprakirakan potensi hujan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (4/1/2024) ini. Kondisi cuaca itu berpotensi terjadi pada siang hingga malam hari.

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta, pada siang sampai sore hari ada potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Kondisi cuaca tersebut diprakirakan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah DIY.

Baca Juga

“Waspada potensi hujan sedang-lebat, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul, Bantul bagian utara, dan Kulon Progo bagian utara.” Demikian informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta.

Masyarakat diminta waspada akan potensi kondisi cuaca tersebut. Khususnya di wilayah yang diprediksikan akan terjadi hujan sedang hingga lebat.

Sementara di beberapa wilayah lainnya diprediksi ada potensi hujan ringan pada siang hingga sore hari. Seperti di Bantul bagian selatan dan Kulon Progo bagian selatan. Adapun pada malam hari di seluruh wilayah DIY disebut berpotensi hujan ringan.

Ihwal kondisi angin, BMKG menginformasikan bertiup dari barat daya ke barat dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. Sementara soal ketinggian gelombang di perairan selatan DIY diprakirakan berkisar antara 1,25 meter sampai 2,5 meter atau masuk kategori sedang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement