Ahad 14 Jan 2024 03:02 WIB

Sortir Lipat Surat Suara Pemilu di Kulon Progo, Ada Ribuan yang Rusak

KPU Kulon Progo menambah petugas sortir dan lipat surat suara.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu.
Foto: Republika/Prayogi
(ILUSTRASI) Penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melaporkan adanya ribuan surat suara untuk pemilu serentak 2024 yang kondisinya rusak, berdasarkan hasil penyortiran. Kondisi kerusakannya bervariasi.

Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana mengatakan, penyortiran dan pelipatan sudah dilakukan untuk surat suara pemilu anggota DPR RI, DPRD Provinsi DIY, dan pemilu presiden-wakil presiden (pilpres). Jumlah totalnya 1.762.415 lembar. “Saat ini proses pelipatan dan penyortiran surat suara untuk (pemilu) DPRD kabupaten,” ujar Budi di Kulon Progo, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga

Menurut Budi, dari hasil penyortiran, ditemukan ribuan surat suara yang kondisinya rusak. Terdiri atas 696 lembar surat suara untuk pilpres, 2.347 lembar surat suara untuk pemilu DPR RI, dan 1.471 lembar surat suara untuk pemilu DPRD DIY.

Budi menyebut kerusakan yang ditemukan, antara lain adanya cipratan tinta pencetakan pada surat suara, kondisinya kusut, hingga ada surat suara yang robek. “Kerusakan surat suara ini sudah kami konsultasikan ke KPU DIY. Untuk (pemilu) DPRD Kulon Progo surat suaranya masih disortir,” katanya.

 

Menurut Budi, proses sortir dan lipat surat suara pemilu 2024 di Kulon Progo ini ditargetkan bisa diselesaikan pada 15 Januari 2024. Ia mengatakan, petugas untuk penyortiran dan pelipatan ini sudah ditambah, dari awalnya 126 orang menjadi sekitar 200 orang. “Kami optimistis penyortiran dapat selesai sesuai jadwal,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement