Ahad 28 Jan 2024 10:01 WIB

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan DIY Hari Ini

Warga diminta mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Gelombang tinggi. Ilustrasi
Foto: 2space.net
Gelombang tinggi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan selatan DIY, Ahad (28/1/2024) ini. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi ini.

Terutama bagi nelayan yang melakukan aktivitas di kawasan perairan. Termasuk warga yang tinggal di kawasan perairan selatan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang diperkirakan dapat mencapai empat meter.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5 meter sampai empat meter atau masuk kategori tinggi," kata BMKG Stamet YIA, Ahad (28/1/2024).

Terkait dengan kondisi cuaca di DIY, hari ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi cuaca ini diprediksi dapat terjadi pada siang hingga sore hari di beberapa wilayah di DIY.

 

"Potensi hujan sedang hingga lebat di Kota Yogyakarta, (Kabupaten) Sleman, (Kabupaten) Bantul bagian utara, (Kabupaten) Gunungkidul, dan (Kabupaten) Kulon Progo bagian utara," ucap BMKG Stamet YIA.

Untuk itu, warga juga diminta mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini. Pasalnya, potensi hujan tersebut dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul bagian selatan, dan Kulon Progo bagian utara, serta waspada gelombang tinggi di perairan Yogyakarta," jelasnya.

Sementara itu, pada siang hingga sore hari juga diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Kabupaten Bantul bagian selatan dan Kabupaten Kulon Progo bagian selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement