Ahad 04 Feb 2024 23:40 WIB

Angka Wirausaha Masih Rendah, Alam Ganjar Ajak Anak Muda di Surabaya Jadi Pengusaha

Alam sendiri merupakan Pendiri sekaligus CEO Pigmy eSports.

Diskusi Bongkar Rahasia Merintis Usaha Sukses bersama para Owner dari 7Star Resto Azzaryan Pradhitya, Igor
Foto: Dok. Tma
Diskusi Bongkar Rahasia Merintis Usaha Sukses bersama para Owner dari 7Star Resto Azzaryan Pradhitya, Igor

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Muhammad Zinedine Alam Ganjar menyampaikan bahwa wirausaha dinilai memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Alam di acara yang diselenggarakan oleh Generasi Pemenang 'Bongkar Rahasia Merintis Usaha Sukses' bersama para Owner dari 7Star Resto Azzaryan Pradhitya, Igor's Pastry Innico Sjahandi dan Ketua HIPMI Surabaya Denny Yan Rustanto, di Igor's Pastry Surabaya, Jawa Timur. 

Baca Juga

Data Global Enterpreneurship Index (GEI) menunjukkan bahwa negara maju memiliki jumlah wirausaha rata-rata 14 persen dari jumlah penduduknya. Sayangnya, jumlah wirausahawan Indonesia terendah di Asia Tenggara.

Jumlah wirausahawan Indonesia hanya 3,1 persen, lebih rendah dari Singapura (8,76 persen), Malaysia (5 persen) dan Thailand (4,26 persen). 

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan rendahnya angka wirausaha. Yakni, pola pikir masyarakat untuk lebih mencari pekerjaan, rendahnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku wirausaha, dan kendala mengakses modal. 

"Perlu ada tindakan afirmasi untuk mendistribusikan akses permodalan supaya lebih berorientasi pada masyarakat dan lebih aksesibel. KUR sendiri sebenarnya masih bisa ditinggikan dari alokasi kredit bank dan itu akan jadi menarik tinggal nanti para pemangku kebijakan bisa mengakomodir hal tersebut," ungkap Alam, seperti dikutip pada Ahad (4/2/2204). 

Ditambah, regulasi yang belum mampu mengatasi persoalan yang menghambat perkembangan dunia wirausaha. "Kemudian soal wawasan, bagaimana perlu adanya mentoring dan beberapa fasilitas di mana teman-teman bisa memperoleh informasi seputar bisnis," lanjut Alam.

Dengan demikian, melalui kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu sarana bagaimana masyarakat khususnya generasi muda bisa membuka mata dan mau memulai berwirausaha.

"Harapannya melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu akses membuka wawasan anak muda untuk berani menjadi pengusaha agar jumlah pengusaha di Indonesia semakin meningkat," kata Alam. 

Alam sendiri merupakan Pendiri sekaligus CEO Pigmy eSports, sebuah team eSports yang mengusung konsep sociopreneur dengan memberdayakan masyarakat lokal Jawa Tengah yang baru saja berhasil menjuarai Liga utama PUBG Mobile pada bulan Desember 2023 lalu dan akan mewakili Indonesia di kejuaraan PUBG se-Asia Tenggara pada bulan Februari 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement