Kamis 08 Feb 2024 23:50 WIB

KPU Situbondo Optimistis Partisipasi Pemilih Pemilu Capai 80 Persen

Optimisme KPU Situbondo melihat aktivitas kampanye peserta pemilu.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Simulasi pemungutan suara pemilu.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
(ILUSTRASI) Simulasi pemungutan suara pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini bisa mencapai target. KPU Kabupaten Situbondo mengharapkan setidaknya 80 persen pemilih mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Situbondo ditetapkan 514.814 orang. Pemilih itu tersebar di 2.015 TPS, yang akan disiapkan di 136 desa/kelurahan wilayah 17 kecamatan. Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto, mengatakan, ditargetkan 80 persen dari DPT itu dapat menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga

“Target 80 persen tersebut sesuai dengan target KPU RI. Kami optimistis tingkat kehadiran pemilih bisa tercapai pada 14 Februari mendatang,” ujar Marwoto, Kamis (8/2/2024).

Optimisme KPU itu, menurut Marwoto, antara lain melihat aktivitas kampanye dari para peserta pemilu, baik pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) maupun para calon anggota legislatif atau senator (DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten), serta partai politik.

 

“Kami optimistis karena selama masa kampanye pergerakan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu cukup padat,” ujar Marwoto.

Marwoto pun tetap optimistis, meskipun hari pemungutan suara kemungkinan masih musim hujan. Ia berkaca pada pengalaman sebelumnya.

“Kalau pengalaman pada pemilihan kepala daerah tahun 2020, tingkat partisipasi masyarakat mencapai target, yakni 78,6 persen. Padahal, ketika itu pada hari pencoblosan turun hujan,” kata Marwoto.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement