Jumat 29 Mar 2024 17:07 WIB

Mudik Gratis Pemkab Kudus, Disiapkan Tiga Bus dari Jakarta

Bus mudik gratis ke Kudus dijadwalkan berangkat dari TMII.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Peserta program mudik gratis.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Peserta program mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, menyediakan bus untuk program mudik gratis pada momen Lebaran Idul Fitri 2024. Bus mudik gratis itu ditujukan untuk warga Kudus yang berada di wilayah sekitar Jakarta.

Untuk mudik gratis itu disediakan tiga bus. “Jika tahun lalu mudik gratis ada dukungan anggaran dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kudus, tahun ini anggaran Rp 60 juta murni dari APBD Kudus semua,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto.

Baca Juga

Catur mengatakan, bus mudik gratis itu disewa dari Semarang, dengan kapasitas 144 tempat duduk. Menurut dia, kuota mudik gratis ini sudah penuh. Untuk pendaftaran peserta, Dishub berkoordinasi dengan paguyuban warga Kudus yang ada di Jakarta.

“Kami juga melakukan verifikasi terhadap nama-nama yang disetorkan untuk memastikan bahwa mereka memang warga Kudus,” ujar Catur.

Bus mudik gratis itu rencananya diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada 6 April 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dijadwalkan melepas keberangkatan bus mudik gratis itu, begitu juga perwakilan dari Pemkab Kudus.

“Tahun depan akan kami pertimbangkan untuk penambahan armada, agar yang merasakan mudik gratis juga semakin luas,” ujar Catur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement