Kamis 11 Apr 2024 16:25 WIB

Libur Lebaran, Area Wisata Candi Borobudur Dibuka Lebih Lama

Pengunjung yang ingin menaiki bangunan candi diimbau melakukan reservasi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
(ILUSTRASI) Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG — Area wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka lebih lama pada masa libur Lebaran 2024. Warga yang hendak berkunjung bisa datang lebih awal.

General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi, mengatakan, operasional wisata Candi Borobudur pada masa libur Lebaran ini dimulai 30 menit lebih awal dari biasanya.

Baca Juga

Kawasan wisata candi tersebut biasanya dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Di mana wisatawan bisa masuk zona 1 atau halaman candi. “Selama masa ramai, dari tanggal 8-17 April 2024, itu bisa lebih awal setengah jam, tentunya jam 06.30 WIB sudah bisa naik ke halaman candi,” kata Jamaludin, Kamis (11/4/2024).

Jamaludin mengatakan, waktu tutup area wisata juga dimundurkan 30 menit dari biasanya, sehingga pada libur Lebaran ini tutup pukul 17.30 WIB. Dengan makin panjangnya waktu operasional, kata dia, diharapkan pengunjung Candi Borobudur lebih leluasa.

Berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menurut Jamaludin, pengujung datang sudah mepet waktunya dan pintu gerbang parkir pun seharusnya sudah ditutup. “Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang, tetapi tidak mendapatkan kesempatan,” ujar dia.

Oleh karena itu, Jamaludin mengatakan, pada libur Lebaran kali ini waktu operasional wisata Candi Borobudur diperpanjang. Adapun untuk kuota naik ke bangunan candi masih dibatasi 1.200 orang per hari. Jamaludin mengimbau pengunjung yang ingin naik bangunan candi melakukan reservasi terlebih dahulu secara daring.

Pengunjung yang naik bangunan candi akan dibagi dalam delapan sesi. “Sesi itu akan kita jalankan normal seperti biasa, delapan sesi mulai 08.30-16.30 WIB,” kata Jamaludin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement