Jumat 12 Apr 2024 13:04 WIB

Wisatawan di Pantai Selatan Jateng dan DIY Diminta Waspada Pasang Laut

BMKG memprakirakan ketinggian gelombang laut bisa sampai 2,5 meter.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gelombang laut.
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
(ILUSTRASI) Gelombang laut.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan soal kondisi gelombang dan pasang air laut di wilayah pantai selatan Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), juga Jawa Barat (Jabar). Wisatawan yang tengah libur Lebaran di kawasan pantai selatan diminta waspada.

“Tinggi gelombang laut di perairan selatan Jabar, Jateng, dan DIY pada hari ini hingga Sabtu (13/4/2024) diprakirakan berkisar 1,25-2,5 meter atau masuk kategori sedang,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, Teguh Wardoyo, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Teguh mengatakan, pada periode tersebut ada potensi pasang air laut pada siang hari, dengan waktu terjadinya pasang maksimum di setiap wilayah pantai berbeda-beda. Ia mencontohkan di kawasan pantai selatan Cilacap, pada Sabtu besok, pasang maksimum diprakirakan terjadi pada siang hari dan mencapai sekitar 2,1 meter.

“Air laut akan mengalami pasang secara bertahap hingga mencapai puncaknya pada waktu-waktu tertentu dan setelah itu akan surut secara bertahap pula,” kata Teguh.

Teguh mengimbau wisatawan yang beraktivitas di pantai selatan agar selalu waspada akan potensi pasang air laut, yang dapat meningkatkan ketinggian gelombang.

“Sebaiknya wisatawan tidak bermain air atau berenang, terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Teguh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement