Senin 06 May 2024 04:51 WIB

Ajang OlympiAR 2024 Alami Kenaikan Jumlah Peserta Hingga 290 Persen

Terdapat 200 tim dari kampus dari seluruh Indonesia yang mengikuti OlympiAR 2024.

PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali mengadakan kompetisi geologi ekonomi Olympiad Agincourt Resources (OlympiAR) 2024.
Foto: dok Agincourt Resources
PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali mengadakan kompetisi geologi ekonomi Olympiad Agincourt Resources (OlympiAR) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali mengadakan kompetisi geologi ekonomi Olympiad Agincourt Resources (OlympiAR) 2024.

OlympiAR merupakan sebuah inisiatif PT Agincourt Resources untuk mendorong inovasi dan pengetahuan dalam bidang pertambangan berkelanjutan. Kompetisi ini memfasilitasi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan menawarkan solusi praktis mengenai desain eksplorasi lanjutan, konsep metalurgi dan pengolahan, serta dampak lingkungan dari aktivitas pertambangan. Dalam gelaran kedua ini, Agincourt Resources mengusung tema 'Harmony in the Elements, Navigating Sustainable Mining Practice'.

Terdapat 200 tim dari kampus seluruh Indonesia yang mengikuti ajang kompetisi geologi ekonomi OlympiAR hingga akhirnya terpilih lima tim terbaik.

Tim Hornblende dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara satu OlympiAR 2024 serta menggondol hadiah uang tunai Rp 50 juta serta kesempatan magang selama tiga bulan di Tambang Emas Martabe. 

Juara kedua diraih oleh tim Magnesite dari Universitas Jenderal Soedirman dengan hadiah uang tunai Rp 30 juta. Sedangkan tim Petalite dari ITB menduduki juara ketiga dan berhak atas hadiah uang tunai Rp 20 juta.

Sementara posisi keempat disabet tim Pyrite dari UPN VeteranYogyakarta, dan posisi kelima ditempati tim Ulexite dari Institut Teknologi Negeri Yogyakarta (ITNY).

Senior Manager Corporate Communications Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, menyampaikan kegembiraannya atas peningkatan signifikan jumlah pendaftar pada kompetisi OlympiAR tahun ini. Hal itu menunjukkan ketertarikan dan dedikasi yang besar dari mahasiswa Indonesia terhadap industri pertambangan dan keberlanjutan. 

"Kami bangga melihat peningkatan drastis sebesar 290 persen dalam jumlah pendaftaran dan kualitas peserta pada OlympiAR tahun ini. Hal ini menunjukkan keinginan kuat dari generasi muda Indonesia untuk berkontribusi pada industri pertambangan yang berkelanjutan dan etis," ungkap Katarina. 

OlympiAR 2024 bukan hanya menandai pencapaian penting dalam upaya PT Agincourt Resources untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dalam industri pertambangan, tetapi juga menegaskan komitmen perusahaan dalam mendorong inovasi dan keberlanjutan. 

Bersamaan dengan Penganugerahan Pemenang OlympiAR, PTAR menggelar ECJ dengan mengusung tema 'Martabe Gold Mine: A Benchmark for Excellence in Indonesian Mining' yang menghadirkan Expert Coach Mika Purba yang merupakan Mining Manager Agincourt Resources, serta dimoderatori oleh Exploration Geologist Geo Fix Indonesia Adi Sulaksono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement