Rabu 05 Jun 2024 16:16 WIB

Semar UGM Persiapkan Diri Hadapi Kompetisi Shell Eco Marathon 2024

Tahun ini akan menjadi tahun terakhir Semar UGM berkompetisi di Sirkuit Mandalika.

Mobil Semar Urban Gasoline UGM.
Foto: Antara.
Mobil Semar Urban Gasoline UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim kendaraan hemat energi dari Universitas Gadjah Mada, Semar UGM, tengah mempersiapkan peluncuran mereka di Shell Eco Marathon Asia dan Timur Tengah 2024 jelang kompetisi sekitar sebulan lagi. Shell Eco Marathon adalah kompetisi prestise internasional tingkat perguruan tinggi yang berfokus pada kendaraan hemat energi dan merupakan salah satu kompetisi teknik mahasiswa terkemuka di dunia yang bertujuan untuk memberdayakan generasi pemimpin energi masa depan.

Sebagai tahun kompetisi terakhir yang diadakan di Sirkuit Mandalika Lombok, tahun 2024 akan menjadi tahun terakhir Semar UGM berkompetisi di sirkuit tersebut. Sirkuit Mandalika telah bersama Semar UGM dalam meraih prestasi-prestasi mereka dua tahun silam. 

Selama beberapa bulan terakhir, Semar telah mengembangkan kendaraan berkelanjutan terbaru mereka, Semar Urban Hydroz 1.1 dan Semar Proto 3.2 yang akan debut di sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada Juli 2024. Pada masa pengembangan dan manufaktur ini, kerja sama tim dan ketangguhan mereka diuji. Didorong oleh semangat mereka terhadap upaya keberlanjutan, juara bertahan ini sedang mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan dan melampaui rekor-rekor sebelumnya.

Pada musim terakhir, tim Semar UGM mencatatkan dua rekor dan gelar juara sekaligus. Satu di kategori Prototype Battery Electric oleh Semar Proto dengan rekor mengesankan 779,6 km/kWh, dan yang lainnya di kategori Urban Concept Hydrogen Fuel Cell oleh Semar Urban dengan rekor luar biasa 276,4 km/m³.

Dengan dua pencapaian ini, tim Semar telah mencetak dua rekor baru di wilayah Asia dan Timur Tengah. Selain itu, Semar Urban menjadi tim Indonesia pertama yang meraih podium pertama di kategori Urban Concept Hydrogen Fuel Cell, mencetak rekor baru yang luar biasa dalam prosesnya.

"Saat ini kami sedang membidik pencapaian baru dengan pola pikir bahwa langit tidak memiliki batas," kata Pemimpin Tim Semar UGM, Muhammad Fikri Wahyudi.

Ia mengungkapkan tekad dan ambisinya terhadap kemajuan tim yang sedang berjalan dalam mencapai kemenangan gemilang dan mengamankan dominasi di podium Shell Eco Marathon 2024 nanti. Didorong oleh komitmen terhadap inovasi, Semar UGM berdedikasi untuk mendorong batas lebih jauh lagi dengan tujuan menerapkan desain mobil ramah lingkungan mereka ke jalan raya dunia nyata.

Dalam proses membangun kesuksesan mereka, Semar tidak sendirian dalam upayanya. "Dengan komitmen yang teguh terhadap keberlanjutan, Semar menyambut setiap kesempatan untuk kemitraan dan kolaborasi," kata Fikri menambahkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement