Sabtu 08 Jun 2024 15:04 WIB

RS Atma Jaya Buka Layanan Kesehatan Lansia Terpadu

Fasilitas khusus tersebut menyediakan berbagai layanan di satu tempat.

Acara peresmian pusat layanan kesehatan terpadu yang baru di Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) khusus bagi populasi lanjut usia bernama Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre.
Foto: dokpri
Acara peresmian pusat layanan kesehatan terpadu yang baru di Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) khusus bagi populasi lanjut usia bernama Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) menyadari komplikasi penyakit yang menyerang kelompok masyarakat lanjut usia (geriatric population) memerlukan perhatian serius berupa perawatan intensif yang holistik, sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah masyarakat usia di atas 60 tahun di Indonesia yang kini mencapai 20 persen dari total penduduk nasional sebanyak 275 juta jiwa.

"Sangatlah penting untuk memberi perhatian khusus pada kelompok geriatric population, mengingat kelompok masyarakat dengan usia di atas 60 tahun tersebut kerap mengidap komorbiditas atau dua atau lebih penyakit sekaligus dalam kehidupan mereka," kata Direktur RS Atma Jaya Dr Devi Anggraeni, di RS Atma Jaya, Pluit, Jakarta, Jumat (6/6/2024).

Devi Anggraeni mengemukan hal itu dalam sambutannya pada acara peresmian pusat layanan kesehatan terpadu yang baru khusus bagi populasi lanjut usia bernama Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre. Pusat layanan kesehatan terpadu itu menyediakan dokter-dokter spesialis khusus penyakit lansia dan pasien dapat menyesuaikan layanan kesehatan dengan kebutuhan khusus dan preferensi pasien lansia itu sendiri.

"Rumah sakit Atma Jaya menerapkan konsep one-stop services yang memudahkan pasien geriatric dalam mengakses berbagai layanan kesehatan dengan nyaman, termasuk bagi keluarga pasien. Kami berupaya meningkatkan kualitas hidup lansia dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kejiwaan, lingkungan dan lain-lainya," kata Devi Anggraeni.

Fasilitas khusus yang berlokasi di lantai tiga itu menyediakan berbagai layanan di satu tempat (one-stop services), mulai dari layanan terapi sel, perawatan estetika, dan homecare yang memudahkan dalam mengakomodir solusi bagi pasien. Juga mengurangi perjalanan yang melelahkan bagi pasien lansia selama menjalani perawatan. Layanan one-stop services memungkinkan koordinasi lebih baik dan cepat berbagai tim medis dan profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien lansia. 

Sementara itu, CEO Atma Jaya Healthcare, Edward, mengatakan, Geriatrics & Wellness Center memainkan peran vital dalam mewujudkan pendekatan pengobatan holistik. 

"Pendekatan ini memperhatikan aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial dari kesehatan, dan mengintegrasikan berbagai metode pengobatan, mulai dari konvensional hingga terapi alternatif," kata Edward.

Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Prof Yuda Turana mengatakan, peresmian fasilitas layanan terpadu kali ini merupakan hal yang istimewa, karena bertepatan dengan hari jadi RS Atma Jaya yang ke-48. Layanan Geriatrics & Wellness Center juga merupakan salah satu bentuk keunggulan dan kesatuan integrasi serta akselerasi antara Unika Atma Jaya Jakarta bersama RS Atma Jaya di bidang kesehatan.

"Seperti diketahui RS Atma Jaya juga merupakan rumah sakit pendidikan utama dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unika Atma Jaya Jakarta. Kolaborasi integrasi ini merupakan suatu upaya untuk menjawab tantangan dunia kedokteran dan kesehatan yang harus diatasi dengan aksi bersama lintas disiplin," kata Yuda Turana yang juga terkenal sebagai tokoh demensia Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unika Atma Jaya juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengembangkan program studi (Prodi) lintas disiplin terkait bidang kesehatan. Adapun prodi yang terlibat antara lain Magister Management Rumah Sakit, Magister Hukum Kesehatan, Fakultas Teknik Inovasi Kedokteran, dan pendidikan dokter spesialis.

Sejumlah tim medis multidisipliner memungkinkan penanganan yang menyeluruh kepada kondisi kesehatan pasien. Pasien lansia akan ditangani dokter-dokter yang ahli di bidang geriatri, kesehatan jiwa, rehabilitasi medik, dermatovenereologi serta spesialis keluarga layanan primer. 

Layanan Atma Jaya Geriatrics & Wellness Center menekankan pendekatan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, sehingga membantu pasien lansia menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif semenjak dini. Program-program pencegahan dan promosi kesehatan yang terus diselenggarakan diharapkan membantu pasien maupun masyarakat umum dalam mempertahankan kesehatan, mencegah penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara menyeluruh.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement