Ahad 23 Jun 2024 18:49 WIB

Patroli Malam-Dini Hari Dirutinkan Antisipasi Kejahatan 

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran patroli yakni di perkampungan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Patroli polisi (ilustrasi)
Foto: @TMCPoldaMetro
Patroli polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polres Bantul secara rutin menggelar patroli dan menyiagakan Tim Unit Kecil Lengkap (UKL), utamanya pada malam hingga dini hari saat weekend. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan maupun kriminalitas lainnya di Kabupaten Bantul. 

Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Budi Kustanto mengatakan, patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan, khususnya pada malam hingga dini hari. Hal ini mengingat tindak kejahatan lebih sering ditemukan pada waktu tersebut.  

"Patroli memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” kata Budi, Ahad (23/6/2024).

Dikatakan Budi, patroli tersebut dilakukan dengan menyasar wilayah rawan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). "Seperti Jalan Ringroad Selatan dan Jembatan Kretek 2," ucap Budi.

Wilayah-wilayah lainnya yang menjadi sasaran patroli yakni di perkampungan. Hal ini juga untuk mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor, dan petugas juga memberikan imbauan pada pemuda yang masih berkumpul atau nongkrong untuk pulang ke rumah masing-masing.

"Kita melaksanakan patroli skala besar untuk menekan angka kejahatan di wilayah Bantul, terutama aksi kejahatan jalanan," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan Tim UKL di sejumlah titik yang dianggap rawan. Mulai dari simpang empat Dongkelan, simpang empat Wojo, simpang empat Madukismo, simpang empat Tamantirto, dan Blok O.

Melalui kegiatan yang dilakukan dengan rutin ini, diharapkan masyarakat akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat. Selain itu, juga diharapkan dapat menurunkan tingkat kejahatan yang berpotensi terjadi di Kabupaten Bantul.

"Kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polres Bantul dalam upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Bantul," kata Budi. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement