REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- POP MART, perusahaan hiburan yang dikenal dengan produk kotak misteri blind box-nya, terus memperluas jangkauan globalnya. Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi destinasi POP MART berikutnya. POP MART akan segera membuka gerai pertamanya di Indonesia, tepatnya di pusat perbelanjaan Gandaria City Mall, Jakarta.
Sejak tahun 2018, bisnis internasional POP MART telah stabil membangun sistem pendistribusian dan pengoperasian yang kuat pada skala global. Hal ini memberikan momentum yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis POP MART. Laporan keuangan menunjukkan bahwa pada tahun 2023, pendapatan perusahaan POP MART dari pasar Hong Kong, Macau, Taiwan, dan pasar luar negeri POP MART meningkat menjadi 147 juta USD, dengan peningkatan tahun ke tahun sebesar 134,9 persen. Pada kuarter pertama tahun ini, pendapatan luar negeri meningkat sebesar 245 persen-250 persen secara tahunan.
Dengan populasi yang besar serta proporsi kaum muda yang cukup tinggi pasar Asia Tenggara dinilai sebagai komponen penting pendukung bisnis global POP MART. Hal ini juga didukung oleh potensi antusiasme permintaan konsumen terhadap produk designer toy dan kotak misteri blind box.
Pada tahun 2021, POP MART resmi membuka gerai pertamanya di Singapura, tepatnya di Funan Mall. Hal ini, menjadi awal dari ekspansi offline POP MART di Kawasan Asia Tenggara. Pada bulan Mei 2023, gerai pertama POP MART di Kuala Lumpur dibuka, menandai ekspansi perusahaan ke pasar kedua terbesar di Asia Tenggara. Di bulan September pada tahun yang sama, gerai pertama POP MART di Thailand dibuka di Central World, yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Bangkok. Hampir 2.000 orang mengantri pada hari pembukaan gerai tersebut. Pada bulan Mei tahun ini, POP MART membuka dua gerai pertamanya di Vietnam. Salah satunya adalah gerai dengan tema kastil pertama yang berlokasi di Sun World Ba Na Hills. Gerai ini diharapkan dapat menjadi destinasi hiburan para turis lokal.
Menurut Presiden dari POP MART International Business, Justin Moon, sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, pasar ritel Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat besar.
“Produk yang berkaitan dengan tren masa kini dan gaya hidup sedang banyak diminiati oleh anak muda di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki populasi anak muda yang cukup besar dan kaum muda tersebut memiliki ketertarikan akan budaya pop dan tren masa kini yang sejalan denagn produk-produk yang ditawarkan oleh POP MART,” ujar Justin Moon.
Ia menyatakan bahwa dengan membuka gerai yang dioperasikan secara langsung oleh POP MART di Indonesia, ia berharap POP MART dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih imersif serta dapat mengkomunikasikan pesan-pesan dan memperkenalkan budaya POP MART kepada masyarakat Indonesia secara lebih baik lagi.
Fenomena blindbox telah berkembang di Indonesia melalui konten video yang dibuat oleh para kreator konten. Baru-baru ini, Lisa (Blackpink) menghebohkan media sosial ketika dia memposting gambar dirinya dengan seri THE MONSTER MACARONS, memicu permintaan yang sangat tinggi untuk prdoduk LABUBUHal ini merupakan bukti akan daya tarik yang tak terbantahkan dari mainan seni di kalangan pemuda Indonesia.