REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Menyambut masa liburan sekolah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta menghadirkan suasana baru melalui instalasi ikonik dari karakter utama film “Jumbo”. Instalasi yang terpasang di sisi pintu timur Stasiun Yogyakarya itu merupakan bagian dari kolaborasi antara KAI, EKRAF, dan Visinema Studios yang dihadirkan untuk menyapa para pelanggan, khususnya anak-anak dan keluarga.
Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Saragih tak menepis bahwa karakter Jumbo sendiri, saat ini sedang populer di kalangan anak-anak dan keluarga. Ia menyebut kehadiran karakter Jumbo ini menjadi salah satu upaya KAI Daop 6 untuk menyemarakkan suasana libur sekolah, sekaligus menghadirkan pengalaman visual dan hiburan menarik di lingkungan stasiun.
“Kami ingin menciptakan suasana yang menyenangkan dan hangat di stasiun, terutama bagi anak-anak yang bepergian bersama keluarga selama liburan. Harapannya, para pelanggan tidak hanya merasakan perjalanan yang aman dan nyaman, tapi juga penuh kesan dan bahagia,” ujar Feni, Kamis (19/6/2025).
Tinggi instalasi Jumbo itu mencapai 15 meter tinggi dan lebar 6 meter. Feni menyampaikan para pelanggan dapat mengabadikan momen bersama karakter tersebut di spot foto yang disediakan, sembari menunggu keberangkatan kereta mereka.
Instalasi ini dapat dikunjungi setiap hari pada pukul 06.00-13.00 WIB dan 15.00-23.00 WIB hingga hingga 30 Juni 2025 mendatang.
"Ini tidak hanya menjadi daya tarik visual, tetapi juga menyediakan spot foto menarik yang bisa dinikmati oleh pelanggan sembari menunggu jadwal keberangkatan kereta," katanya.
Selain instalasi Jumbo, suasana liburan sekolah itu juga didukung dengan berbagai ornamen dan aktivitas menarik bertema Schooliday, seperti KAI Goes to School "Kelas Inspirasi", Fun Field Trip KA BIAS dan Batara Kresna, Kids Activity, serta program Sapa Pelanggan.
Kegiatan ini, kata Feni, akan digelar di beberapa stasiun utama wilayah Daop 6, termasuk Stasiun Lempuyangan dan Solo Balapan. Lebih lanjut, Feni mengatakan inisiatif ini merupakan bagian dari pendekatan pelayanan yang holistik dan berorientasi pada pengalaman pelanggan lintas usia.
KAI berharap lewat kehadiran karakter Jumbo dan seluruh rangkaian kegiatan liburan ini bisa menjadi pelengkap perjalanan keluarga Indonesia selama liburan sekolah.
“Kami ingin pelanggan, terutama anak-anak, punya pengalaman menyenangkan dengan kereta api sejak dini. Ketika mereka merasa bahagia di stasiun, mengenal kereta sejak kecil, mereka akan tumbuh menjadi pengguna loyal transportasi publik,” ungkapnya.
Lihat postingan ini di Instagram