Rabu 10 Sep 2025 19:42 WIB

Dinilai Banyak Persoalan, Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia 2025 dari BPS Sangat Memuaskan

Nilai Indeks Kepuasan Haji 2025 88,46 atau naik 0,26 poin dari tahun 2024.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji membantu calon jamaah haji Indonesia yang berkursi roda menuju hotel transit peserta safari wukuf khusus lansia di Hotel Asila Al-Andalus di Makkah, Arab Saudi, Selasa (3/6/2025). Sebanyak 500 calon haji direncanakan mengikuti skema safari wukuf khusus lansia pada puncak musim haji.
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji membantu calon jamaah haji Indonesia yang berkursi roda menuju hotel transit peserta safari wukuf khusus lansia di Hotel Asila Al-Andalus di Makkah, Arab Saudi, Selasa (3/6/2025). Sebanyak 500 calon haji direncanakan mengikuti skema safari wukuf khusus lansia pada puncak musim haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun 2025 dengan nilai indeks 88,46. Angka ini naik Angka ini dikategorikan sangat memuaskan dan meningkat dibandingkan angka tahun 2024 yang sebesar 88,20. 

Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan skor di atas 85 menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. “Indeks IKJHI Tahun 2025 mencapai 88,46. Dengan capaian ini, jamaah haji Indonesia menerima layanan penyelenggaraan haji secara sangat memuaskan,” jelas Amalia saat menyampaikan hasil survei di Jakarta, Rabu (10/9/2025).

Baca Juga

Jika dirinci menurut jenis layanan, tingkat kepuasan tertinggi tahun ini tercatat pada layanan Transportasi Bus Shalawat dengan skor 92,15 atau naik 0,54 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian diikuti Transportasi Bus Antarkota dengan skor 91,62 atau naik 0,51 poin, dan Petugas Haji dengan skor 89,72 atau naik 0,75 poin. Jika dibandingkan dengan tahun 2024, layanan akomodasi tenda mengalami peningkatan yang tertinggi, yaitu sebesar 2,27 poin.

Sementara itu, bila dirinci menurut daerah kerja atau satuan operasi, tingkat kepuasan masuk dalam kriteria sangat memuaskan di seluruh daerah kerja/satuan operasi kecuali Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Tingkat kepuasan tertinggi tahun ini secara berturut-turut tercatat di Bandara dengan skor 91,48, Makkah dengan skor 89,14, dan Madinah dengan skor 89,12. Sementara itu, tingkat kepuasan di Armuzna tercatat sebesar 84,84.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement