REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun 2025 dengan nilai indeks 88,46. Angka ini naik Angka ini dikategorikan sangat memuaskan dan meningkat dibandingkan angka tahun 2024 yang sebesar 88,20.
Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan skor di atas 85 menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi. “Indeks IKJHI Tahun 2025 mencapai 88,46. Dengan capaian ini, jamaah haji Indonesia menerima layanan penyelenggaraan haji secara sangat memuaskan,” jelas Amalia saat menyampaikan hasil survei di Jakarta, Rabu (10/9/2025).
Jika dirinci menurut jenis layanan, tingkat kepuasan tertinggi tahun ini tercatat pada layanan Transportasi Bus Shalawat dengan skor 92,15 atau naik 0,54 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian diikuti Transportasi Bus Antarkota dengan skor 91,62 atau naik 0,51 poin, dan Petugas Haji dengan skor 89,72 atau naik 0,75 poin. Jika dibandingkan dengan tahun 2024, layanan akomodasi tenda mengalami peningkatan yang tertinggi, yaitu sebesar 2,27 poin.
Sementara itu, bila dirinci menurut daerah kerja atau satuan operasi, tingkat kepuasan masuk dalam kriteria sangat memuaskan di seluruh daerah kerja/satuan operasi kecuali Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Tingkat kepuasan tertinggi tahun ini secara berturut-turut tercatat di Bandara dengan skor 91,48, Makkah dengan skor 89,14, dan Madinah dengan skor 89,12. Sementara itu, tingkat kepuasan di Armuzna tercatat sebesar 84,84.