Selasa 15 Feb 2022 15:26 WIB

Bandara Juanda Siap Jadi Gerbang Keberangkatan Jamaah Umroh

Bandara ini telah memiliki pengalaman melayani penerbangan internasional.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana konter check-in penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional  Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.
Foto: ANTARA / Umarul Faruq
Suasana konter check-in penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Yuristo Ardi Hanggoro, menyatakan kesiapannya jika pemerintah menjadikan Bandara Juanda sebagai pintu keberangkatan bagi jamaah umroh. Apalagi, kata dia, Bandara Juanda telah memiliki pengalaman melayani penerbangan internasional di tengah pandemi Covid-19.

Bandara Juanda berkali-kali dijadikan pintu masuk gelombang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang hendak kembali ke kampung halamannya. Namun demikian, kata Yuristo, tetap harus ada beberapa penyesuaian mengingat kondisinya pasti berbeda.

"Secara sarana dan fasilitas prinsip kami siap (jadi pintu keberangkatan jamaah umroh). Tapi memang harus ada penyesuaian jika dibanding dengan PMI yang bisa diprediksi maksimal 150 penumpang," kata Yuristo kepada Republika.co.id, Selasa (15/2/2022).

Yiristo mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan baik di tingkat internal maupun dengan stakeholder terkait, sebagai persiapan Bandara Juanda jadi pintu keberangkatan jamaah umroh. Maka dari itu, kata Yuristo, pihaknya belum bisa memberikan gambaran lebih detail terkait persiapan pembukaan Bandara Juanda untuk penerbangan umroh.

 

"Saat ini kami sedang melakukan serangkaian pembahasan baik di internal maupun dengan stakeholder terkait," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan kembali menyesuaikan regulasi pintu keluar masuk internasional di wilayah Jawa-Bali.

Termasuk membuka Bandara Juanda untuk perjalanan umroh. "Pemerintah akan membuka keberangkatan dan kedatangan jamaah umroh melalui Bandara Juanda, Surabaya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement