Rabu 31 Aug 2022 19:25 WIB

Anies Baswedan Disebut Bisa Berdiri di Atas Semua Golongan

Penerimaan warga Jatim terhadap figur Anies cukup tinggi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Jawa Timur mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024. Anies dianggap sebagai sosok yang berhasil mewujudkan keadilan sosial selama memimpin Jakarta, karena dianggap bisa berdiri di atas semua golongan.

"Bisa berdiri di semua golongan Selama pemerintahan Anies di Jakarta tak ada penggusuran seperti pemerintahan sebelumnya. Dia lebih menata. Seperti program penataan kampung," kata Juru Bicara SKI Jatim, Thayyib di Surabaya, Rabu (31/8/2022).

Thayyib menyebut, tingkat penerimaan warga Jatim, khususnya yang berlatar belakang Nahdliyyin terhadap figur Anies Baswedan cukup tinggi. Kesimpulan tersebut diperoleh saat SKI Jatim berkunjung ke desa-desa si Jatim untuk menamping aspirasi masyarakat. Thayyib bahkan mengaku telah berkomunikasi dengan beberapa tokoh NU terkait figue Anies Baswedan.

"Kami sudah komunikasi ke beberapa tokoh dan kiai NU seperti di Sidogiri (Pasuruan) dan Madura. Semua merespon baik pada figur Anies Baswedan," ujar Thayyib.

Thayyib menyatakan kesiapannya mengerahkan seluruh anggota SKI Jatim untuk mengenalkan figur Anies kepada masyarakat. Saat ini, kata Thayyib, SKI Jatim memiliki 1.600 pengurus dengan total anggota mencapai 38.000 relawan yang tersebar di 38 kabupaten/ kota. SKI Jatim, lanjut Thayyib bakal mengenalkan program-program Anies yang telah dijalankan di Jakarta.

"Seperti penataan kampung, pembebasan pajak bumi dan bangunan, serta rumah DP 0 persen yang menjadi magnet warga kelas menengah ke bawah. Program-program itu mencerminkan visi yang kuat mengenai keadilan sosial," kata Thayyib.

Thayyib menambahkan, SKI Jatim akan menyampaikan temuan-temuan dalam pengumpulan aspirasi warga kepada partai-partai politik tingkat kabupaten/ kota dan provinsi. Ia berharap partai politik tertarik untuk mengusung Anies pada Pilpres 2024. “Kami minta partai-partai politik di Jatim untuk serius meyakinkan pimpinan pusat masing-masing agar segera merekomendasikan pak Anies sebagai calon Presiden," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement