Sabtu 06 Mar 2021 12:02 WIB

PT KAI akan Luncurkan KA Kertanegara

KA Kertanegara melayani rute Purwokerto-Malang PP.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Stasiun Purwokerto
Foto: Republika/eko widiyatno
Stasiun Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dalam waktu dekat, PT KAI (Persero) akan meluncurkan rangkaian KA penumpang dengan rute baru. KA yang akan diluncurkan diberi nama KA Kertanegara yang melayani rute Purwokerto-Malang PP.

''KA dengan rute baru ini akan diluncurkan dari Stasiun Purwokerto, 10 Maret 2021 pekan depan,'' jelas PYMT Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Hendra Wahyono, Sabtu (6/3).

Menurutnya, peluncuran KA Kertanegara ini untuk melayani penumpang yang melakukan perjalanan dari Jateng Selatan/DIY, menuju Malang. ''Selama ini, hanya ada satu KA yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan jalur selatan Jateng-Malang. Yakni,  KA Gajayana yang memiliki relasi Gambir-Malang,'' jelasnya.

Namun dengan beroperasinya KA Kertanegara, calon penumpang dari penumpang jalur selatan maupun  Malang, bisa memiliki pihak lain untuk KA yang akan digunakan. ''KA Kertanegara ini memiliki dua kelas layanan, yakni kelas eksekutif dan ekonomi,'' jelasnya.

 

Dalam melayani rute Purwokerto-Malang, KA Kertanegara akan berhenti di Stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkotalama dan stasiun Malang.

Untuk mengoptimalisasi pendapatan, Hendra Menyebutkan, taris angkutan KA ini akan disesuaikan dengan jarak tempuh yang dimanfaatkan calon penumpang. Untuk penumpang yang menempuh perjalanan Purwokerto-Yogyakarta, hanya dikenakan tarif Rp 110.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 65.000 untuk kelas ekonomi.

Untuk relasi Purwokerto-Solo Balapan, dikenakan tarif Rp 130.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 75.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan bagi calon penumpang dari Purwokerto Stasiun Kutoarjo, dikenakan tarif Rp 55.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 35.000 untuk kelas ekonomi.

''Tarif termurah untuk KA Kertanegara ditetapkan sebesar Rp 25 ribu,'' jelasnya. Tarif termurah tersebut, dikenakan bagi penumpang kelas ekonomi dengan rute Kutoarjo-Yogyakarta. Untuk penumpang kelas eksekutif, dikenakan tarif Rp 45 ribu.

Reservasi tiket KA Kertanegara, menurut Hendra, juga bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement