Kamis 11 Mar 2021 06:26 WIB

10 Camilan Terbaik dan Terburuk Menurut Ahli Gizi

Camilan sebelum tidur dibutuhkan bagi sebagian orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Camilan sebelum tidur dibutuhkan bagi sebagian orang.
Foto:

Terbaik: Popcorn

Bila ingin cemilan yang gurih dan renyah, popcorn dapat menjadi pilihan tepat. Popcorn merupakan cemilan yang kaya serat sehinga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Namun, hati-hati dengan bahan tambahan atau perasa yang dicampurkan pada popcorn. Hindari popcorn yang sudah dikombinasikan dengan mentega dan garam berlebih. Akan lebih baik bila rasa popcorn diperkaya dengan bahan-baha sehat seperti minyak zaitun atau rempah segar.

 

Terbaik: Roti Gandum dengan Selai Kacang

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks sehingga tak akan menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah. Kombinasikan roti gandum dengan selai kacang yang kaya protein dan lemak sehat. Roti gandum selai kacang dapat memberikan perasaan kenyang sejak malam hingga pagi.

 

Terburuk: Pizza

Pizza memiliki saus yang asam dan kandungan lemak yang tinggi. Mengemil pizza di malam hari berpotensi dapat menyebabkan timbulnya perasaan tidak nyaman pada perut. Perasaan tidak nyaman ini bisa mengganggu tidur malam.

Selain itu, lemak dicerna secara perlahan oleh tubuh. Hal ini membuat konsumsi makanan tinggi lemak di malam hari dapat memicu terjadinya reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Reflux tersebut dapat semakin diperparah bila seseorang berbaring santai setelah makan.

 

Terburuk: Sereal Bergula

Sereal bergula memang memiliki rasa yang nikmat dan mudah untuk dibuat. Akan tetapi, mengonsumsi makanan tinggi gula sebelum tidur bisa menyebabkan peningkatan gula darah dan kadar insulin. Kondisi tersebut dapat membuat seseorang terbangun dari tidur dengan perasaan lapar.

 

Terburuk: Keripik Kentang

Dua belas keping keripik kentang memiliki kandungan kalori yang setara dengan tiga cangkir popcorn. Meski memiliki kandungan kalori yang sama, menyantap 12 keping keripik kentang tentu tidak semengenyangkan mengonsumsi tiga cangkir popcorn. Selain itu, orang-orang biasanya tak bisa hanya mengonsumsi 12 keping keripik kentang saja.

Di samping memiliki kalori yang tinggi, keripik kentang juga tidak begitu bergizi. Makanan ini tak mengandung serat atau pun protein.

 

Terburuk: Permen

Ingin menyantap sesuatu yang manis sebagai cemilan malam juga merupakan hal yang umum terjadi. Hal ini cenderung lebih sering terjadi ketika seseorang tidak mengonsumsi makanan yang seimbang sepanjang hari itu.

Permen mungkin menjadi opsi cemilan yang mudah didapatkan. Akan tetapi, keinginan menyantap sesuatu yang manis sebagai cemilan sebaiknya diarahkan pada makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau dark chocolate. Permen bukan cemilan yang baik karena hanya mengandung gula dan nilai gizi yang rendah.

 

Terburuk: Makanan Pedas

Menyantap makanan pedas dapat menyebabkan denyut jantung meningkat, sehingga akan membuat seseorang menjadi lebih sulit untuk tidur. Selain itu, konsumsi makanan pedas sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko reflux asam lambung dan sakit perut di malam hari. Gejala heartburn atau dada seperti terbakar dan perut bergas yang mungkin muncul bisa berdampak pada tidur yang tidak optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement