Kamis 01 Apr 2021 23:00 WIB

Bupati Banjarnegara Serahkan DAK pada 14 Kelompok Tani

Bupati berharap para kelompok tani dapat memanfaatkan dana tersebut.

Bupati Banjarnegara Serahkan DAK pada 14 Kelompok Tani (ilustrasi).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Bupati Banjarnegara Serahkan DAK pada 14 Kelompok Tani (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARNEGARA -- Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyerahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pertanian senilai Rp2,1 miliar kepada 14 kelompok tani yang ada di wilayah setempat.

"DAK diberikan kepada 14 kelompok tani atau gabungan kelompok tani yang ada di wilayah setempat," katanya di Banjarnegara, Kamis (1/4).

Bupati berharap para kelompok tani dapat memanfaatkan dana tersebut semaksimal mungkin sesuai dengan aturan yang berlaku. Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perikananan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara Totok Setya Winarna menambahkan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk kegiatan fisik salah satunya pembangunan parit untuk enam kelompok tani atau gabungan kelompok tani. "Nilainya masing-masing Rp120 juta," katanya.

Selain itu, anggaran juga dialokasikan untuk pembangunan embung dengan nilai masing-masing Rp120 juta serta pembangunan jalan usaha tani untuk delapan kelompok tani atau gabungan kelompok tani dengan nilai masing-masing Rp185 juta. Pihaknya berharap kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang ada.

Selain itu pihaknya berharap kegiatan tersebut juga akan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat dan petani.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, kata dia, berharap pembangunan fisik fasilitas pertanian tersebut dapat berkontribusi positif bagi tercukupinya air irigasi untuk pertanian. "Dengan demikian diharapkan dapat mengatasi kekeringan di musim kemarau," katanya.

Pemkab, kata dia, optimis kegiatan tersebut akan meningkatkan kondisi infrastruktur jalan usaha tani sehingga mampu meningkatkan distribusi sarana produksi pertanian dan pascapanen. "Dengan begitu akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Banjarnegara," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement