REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Wahyu Suryana
Puasa sebagai ibadah mahdloh merupakan satu kewajiban yang wajib ditunaikan. Lewat al Baqarah 183, Allah SWT memerintahkan orang-orang beriman agar berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelumnya agar bertakwa.
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir menilai, puasa membentuk pribadi takwa tentu tidak sekali jadi. Karenanya, setiap tahun berpuasa menurut ulama sebagai olah jiwa tahunan yang membentuk manusia semakin baik, semakin bertakwa.
"Saya mencoba meletakkan puasa sebagai kanopi, sebagai teras rohani kita agar dengan ketakwaan yang terus kita bangun melahirkan diri yang semakin bersih, suci lahir dan batin dalam makna puasa proses revolusi rohani," kata Haedar.
Hal itu disampaikan dalam pengajian Ramadhan yang digelar Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan Lazismu. Ia menilai, puasa yang bisa membentuk kanopi diri merupakan puasa yang terintegrasi bukan hanya menahan diri dari biologis.
"Tapi juga menjadikan diri menjadi orang yang punya kemampuan memelihara, merawat, dan menjaga," ujar Haedar.
Dalam konteks ini, kata Haedar, puasa sendiri itu harus menjadi puasa lahir dan batin, satu rangkaian dengan ibadah yang lain seperti qiyamul lail, dan terkait kegiatan yang senantiasa disunnahkan Rasulullah SAW yaitu terus mencari ilmu.
Salah satunya membaca Alquran, mengimplementasikannya dalam kehidupan, dan saat Ramadhan juga diajari terus beramal saleh, termasuk bersedekah. Sehingga, puasa harus mampu memancarkan diri yang menjadi uswah khasanah dalam kehidupan.
"Ketika puasa diproyeksikan la allakum tattaqun atau agar kamu jadi orang yang bertakwa, bagaimana sifat takwa itu kita praktikkan. Apakah setelah puasa kita jadi semakin dermawan, jadi sabar tidak pemarah, atau pemaaf terhadap orang," kata Haedar.
Apalagi, melihat kenyataan Indonesia masih termasuk negara yang gawat korupsi dan narkoba, serta perceraian dan kekerasan anak dan perempuan yang tinggi. Ini menunjukkan belum ada korelasi positif ibadah dan dampaknya kesalehan sosial.
"Kita harus menjadi uswah hasanah dalam keselarasan kata dan tindakan, puasa dan seluruh nilai keislaman kita menjadi kekuatan ilmu yang mencerahkan, dan amaliah kita itu harus juga membawa kemajuan," ujar Haedar.