Kamis 22 Apr 2021 15:33 WIB

PT KAI Daop 5 Operasikan Kereta Purwojaya dan Wijaya Kusuma

Pengoperasian dua kereta tersebut menyambut kenaikan penumpang jelang Lebaran.

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Erik Purnama Putra
Kereta Wijayakusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang pulang pergi (PP).
Foto: Youtube
Kereta Wijayakusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang pulang pergi (PP).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menjelang Lebaran 2021 ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto mengoperasikan kembali dua kereta penumpang yang sejak pandemi Covid 19, tidak dioperasikan. Kedua kereta tersebut adalah Purwojaya relasi Cilacap-Gambir pulang pergi (PP) dan Wijaya Kusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang PP.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi menjelaskan, kedua kereta tersebut memang segera dioperasikan kembali. Hanya saja, pihaknya menyebut, pengoperasiannya tidak setiap hari, melainkan hanya pada hari tertentu menjelang Lebaran.

"Seperti KA Purwojaya, menurut rencana akan dioperasikan pada 25 April besok saja. Sedangkan KA Wijaya Kusuma, akan dioperasikan selama tiga kali, yakni tanggal 23, 25, dan 30 April 2021," jelas Ayep.

Menurut dia, pengoperasian kereta Purwojaya dan KA Wijaya Kusuma untuk memenuhi peningkatan permintaan calon penumpang selama bulan Ramadhan. Mengenai pengoperasian dua kereta tersebut pada Mei 2021, Ayep menyatakan, masih menunggu informasi lebih lanjut dari PT KAI.

Dia mengatakan, selama masa pandemi Covid 19, operasional perjalanan kereta mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Di dalam rangkaian kereta, penumpang wajib menjaga jarak fisik dan jumlah maksimum penumpang dibatasi maksimal 70 persen dari kapasitas.

Selain itu, sejumlah persyaratan juga diterapkan untuk memastikan kondisi kesehatan penumpang. Antara lain, calon penumpang yang berangkat wajib memiliki berkas pemeriksaan Covid 19 dengan hasil negatif melalui tes usap, Genose, atau antigen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement