Kamis 29 Apr 2021 07:09 WIB

Deklarasi Partai Ummat, PAN DIY Hormati Siapapun Buat Parpol

Hak seluruh warga negara membentuk partai politik dijamin undang-undang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Tangkapan layar saat Amien Rais resmi luncurkan logo Partai Ummat.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Tangkapan layar saat Amien Rais resmi luncurkan logo Partai Ummat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) DIY, Suharwanta menanggapi deklarasi Partai Ummat yang digelar Kamis (29/4) hari ini. Suharwanta mengatakan, pihaknya menghormati siapa saja yang membentuk partai politik.

"PAN menghormati siapapun elemen bangsa ini untuk membentuk partai politik," kata Suharwanta melalui pesan tertulisnya kepada Republika, Rabu (28/4) malam.

Ia menyebut, hak seluruh warga negara untuk membentuk partai politik. Hal ini, katanya, sudah dijamin oleh undang-undang. "Hak warga negara untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat, termasuk mendirikan partai politik," ujarnya.

Partai Ummat akan dideklarasikan Mantan ketua MPR Amien Rais. Deklarasi akan dilakukan secara virtual dari Yogyakarta. "Kami deklarasi tanggal 29 April jam 13.00. Secara virtual dari Jogja," ujar salah satu penggagas Partai Ummat Agung Mozin saat dihubungi, Selasa (27/4).

Dalam deklarasi nanti, Amien akan mengumumkan struktur kepengurusan Partai Ummat. Agung mengungkapkan, Amien akan menduduki posisi ketua majelis syuro partai berlambang perisai bintang itu. "Partai Ummat ini kekuatannya bukan di ketum, tapi majelis syuro. Ketua majelis syuro sudah pasti Pak Amien," ujar Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement