Sabtu 22 May 2021 09:18 WIB

Unusa Jajaki Kerja Sama dengan India

Ada banyak perguruan tinggi di India yang memiliki kesamaan prodi dengan Unusa.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Achmad Jazidie (kiri) secara simbolis menyerahkan tablet e-Sorogan kepada perwakilan mahasiswa baru di Tower Unusa Kampus B, Surabaya, Jumat (6/4).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Achmad Jazidie (kiri) secara simbolis menyerahkan tablet e-Sorogan kepada perwakilan mahasiswa baru di Tower Unusa Kampus B, Surabaya, Jumat (6/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj K Bharti menyumbangkan sejumlah buku untuk Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Shri Manoj juga menawarkan program beasiswa dari pemerintah India.

“India ingin menjalin hubungan lebih baik lagi dengan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa Timur dan perguruan tingginya terutama Unusa,” kata Shri Manoj, Jumat (21/5).

Ia mengatakan, ada banyak perguruan tinggi di India yang memiliki kesamaan program studi dengan Unusa. Contohnya di kesehatan utamanya bidang herbal, information teknologi, serta ekonomi. Karena itu ia menawarkan kepada dosen dan mahasiswa Unusa untuk mengambil kesempatan beasiswa yang ditawarkan tersebut.

Shri Manoj menegaskan, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan Unusa dalam bidang pendidikan, IT, dan kesehatan. Kerja sama bisa dijalin melalui berbagai program, di antara kuliah umum, program magang, beasiswa, dan pertukaran pelajar jangka pendek.

"Unusa merupakan kampus Nahdlatul Ulama yang memiliki kecanggihan teknologi serta konsep pendidikan (kurikulum) yang update dengan perkembangan zaman," kata dia.

Rektor Unusa, Prof Achmad Jazidie mengatakan, Kunjungan Dubes India untuk Indonesia ke Unusa merupakan sebuah kehormatan bagi kampus yang dipimpinnya. Moment ini juga menurutnya menjadi momen sangat penting dalam upaya pengembangan Unusa ke depan terkait dengan kerja sama internasional.

“Sebagai Dubes yang baru menjabat pada Januari 2021 dan memilih Unusa sebagai agenda penting kunjungan diplomatik ke Jawa Timur, maka ini adalah kesempatan bagi Unusa untuk menjalin hubungan baik dengan Pemerintah India dan perguruan tinggi-perguruan tinggi di India,” kata Jazidie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement