Ahad 23 May 2021 11:52 WIB

Khofifah Dorong BUMDes Kembangkan Desa Wisata

Sentra wisata yang dikelola langsung oleh BUMDes dapat berkembang dengan baik.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Foto: Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Desa Wisata Nangkula Park yang berada di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung baru saja diresmikan dan dibuka untuk masyarakat umum. Sentra wisata tersebut dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpendapat, sentra wisata yang dikelola langsung oleh BUMDes dapat berkembang dengan baik. Keterlibatan BUMDes juga menjadi penting karena akan semakin dekat dengan masyarakat sekitar. Artinya berpotensi memberikan penguatan ekonomi masyarakat sekitar.

 

"Jadi setiap obyek wisata akan memberikan signifikansi terhadap pergerakan UMKM lokal. Disamping itu, juga setiap wisata akan menggerakkan public transportation," ujarnya, Ahad (23/5).

 

Khofifah mengatakan, penguatan desa wisata melalui pembinaan BUMDes dapat membentuk masyarakat sekitar menjadi cerdas, sejahtera, dan mandiri. "Jadi kalau kita sebutnya itu Dewi Cemara. Desa wisata rakyatnya cerdas mandiri dan sejahtera," kata dia.

 

Khofifah menambahkan, keberadaan desa wisata juga akan turut menggerakkan UMKM di daerah tersebut. Apalagi, UMKM merupakan sektor terbesar yang menyumbangkan PDRB Jatim, yakni mencapai 60,25 persen. Sedangkan sektor wisata berkontribusi 7,21 persen pada perekonomian Jatim.

 

Dadang Kurnia

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement