Senin 21 Jun 2021 15:19 WIB

Prodi Pendidikan Biologi UMP Raih Akreditasi A

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi mendapat pendidikan sebagai tenaga laboran.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Foto: UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Program studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, yang sudah meraih akreditasi unggul (A) tergolong cukup banyak. Salah satunya, Program Studi Pendidikan Biologi yang bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

''Dengan nilai akreditasi A ini, alumnus prodi Pendidikan Biologi UMP akan menjadi lebih dihargai. Untuk melamar pekerjaan yang mensyaratkan akreditasi A, juga tidak akan kesulitan,'' jelas Ketua Prodi Pendidikan Biologi UMP, Dr Tumisem, Senin (21/6).

Ia juga menyebutkan, mahasiswa yang lulus dari Prodi Pendidikan Biologi juga memiliki cukup banyak kelebihan. Hal ini mengingat lulusan Prodi Pendidikan Biologi UMP, tidak hanya dipersiapkan menjadi guru yang mumpuni.

''Tapi juga dipersiapkan untuk menapaki karier yang lain, seperti menjadi tenaga laboran, instruktur senior nasional, dan wirausahawan di bidang biologi,'' katanya.

 

Selama masa kuliah, kata Tumisen, mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi akan mendapat pendidikan sebagai tenaga laboran. ''Lulusannya akan mendapat sertifikat tenaga laboran yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),'' ujarnya.

Selain itu, mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi juga akan mendapat pendidikan Bahasa Inggris sehingga akan mendapat sertifikat Diploma 1 Bahasa Inggris.

''Dengan adanya program pelibatan riset mahasiswa bersama dosen, maka lulusan Prodi Pendidikan Biologi juga akan memiliki banyak prospek di bidang riset LIPI, BPPT, BKKBN, Batan, Biotrop, Bappeda, dan Lembaga Biologi Nasional, di samping berpeluang bekerja di industri farmasi, makanan/minuman, kosmetik, dan agroindustri di pertanian, peternakan, dan kelautan,'' kata dia.

Menurutnya, dengan pengembangan kurikulum baru Prodi Pendidikan Biologi UMP, tidak hanya menguasai ilmu-ilmu dasar tentang mahluk hidup seperti tumbuhan, binatang, manusia, dan organisme serta manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Tapi juga telah dikembangkan ilmu-ilmu dasar membuat game pembelajaran Biologi dari jenjang SMP-SMA sehingga lulusan Pendidikan Biologi akan mampu membuat permainan/game pembelajaran yang memiliki nilai jual tinggi bagi sekolah-sekolah SMP-SMA.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement