Jumat 16 Jul 2021 06:22 WIB

Obat untuk Pasien Isoman di DIY Segera Disalurkan

Saat ini ketersediaan obat sudah semakin menipis.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Obat untuk Pasien Isoman di DIY Segera Disalurkan (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Obat untuk Pasien Isoman di DIY Segera Disalurkan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, obat untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akan segera disalurkan. Obat ini disalurkan melalui TNI kepada pasien yang tidak bergejala, dengan gejala ringan dan sedang yang isoman di rumah, termasuk yang ada di di shelter-shelter penanganan Covid-19.

"TNI nanti akan membagikan obat kepada isoman kepada mereka yang isoman di rumah dan di shelter-shelter. Akan diberikan tiga paket obat bagi mereka yang tidak bergejala, gejala ringan dan gejala sedang," kata Aji dalam keterangan resminya, Kamis (15/7).

Aji menyebut, disalurkannya obat secara gratis ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan obat bagi pasien Covid-19. Mengingat, saat ini ketersediaan obat sudah semakin menipis.

"Kalau sudah disediakan TNI dan di-support BUMN dan Kemenkes untuk persediaan, maka nanti kita berharap tidak ada kekurangan stok (obat)," ujar Aji.

Pasien yang mendapatkan obat ini nantinya berdasarkan data yang diperbarui tiap harinya atau real data. Sehingga, pasien yang menjalani isoman diharapkan dapat melapor melalui puskesmas agar dapat menerima paket obat tersebut.

"Yang isoman melapor ke puskesmas dan sampai ke Kodim untuk diteruskan agar nantinya (penyaluran obat) bisa diproses," jelasnya.

Ia menegaskan, koordinasi dan komunikasi yang baik dari pihak-pihak terkait sangat penting agar penyaluran obat dapat berjalan lancar. Begitu pun komunikasi dari pasien ke puskesmas juga harus dilakukan.

"Ketika positif, lapor kepada puskesmas adalah hal yang pertama yang harus dilakukan. Nantinya diharapkan paket obat dapat mencukupi keperluan di lapangan sesuai data yang sudah terkumpul," kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement