Rabu 04 Aug 2021 17:53 WIB

Nakes dan Warga Isoman Dapat Bantuan Paket Protein Hewani

Pemenuhan makanan bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Penyaluran bantuan paket protein hewani oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) di kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (4/8). Total JAPFA menyalurkan bantuan 5.000 paket protein hewani untuk tujuh daerah di tiga provinsi
Foto: Istimewa
Penyaluran bantuan paket protein hewani oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) di kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (4/8). Total JAPFA menyalurkan bantuan 5.000 paket protein hewani untuk tujuh daerah di tiga provinsi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Dalam mendukung pemenuhan kebutuhan protein hewani tenaga kesehatan dan masyarakat terdampak Covid-19, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menyalurkan 5.000 paket bantuan bahan makanan berprotein di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Paket bantuan paket protein hewani yang terdiri atas 2,5 ton daging 40 ribu butir telur ayam  bakal disalurkan secara bertahap ke tujuh kabupaten/kota yang ada di tiga provinsi tersebut. Masing-masing Pemalang, Grobogan, Sragen, Magelang, Solo, dan Sragen di Jawa Tengah; Kota Yogyakarta (DIY), dan Sidoarjo (Jawa Timur).  

“Hari ini, bantuan daging dan telur ayam tersebut mulai distribusikan di Grobogan dan Pemalang Kamis (5/8) besok. Kemudian Yogyakarta pada Jumat (6/8) lusa,” ungkap Head of Poultry Processing PT Ciomas Adisatwa, Tommy Kuntjoro, di Semarang, Rabu (4/8).

Ia mengatakan, bantuan makanan berprotein hewani ini merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, melalui pemenuhan makanan bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam penyalurannya, bantuan protein hewani ini telah dikoordinasikan dengan berbagai instansi masing-masing pemerintah daerah. “Secara spesifik, bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat yang akan menerima vaksinasi, warga isoman Covid-19 serta para tenaga kesehatan,” jelasnya.

Melalui pemenuhan protein hewani tersebut, jelas Tommy, diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, dalam hal ini imunitas. Karena protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh dan asupan protein yang cukup dapat membentuk antibodi untuk membantu mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh.

Ia menambahkan, sejak tahun JAPFA juga turut berkontribusi menangani pandemi Covid-19,  di antaranya bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Pertahanan RI, dan TNI. “Yakni menyediakan bahan makanan protein hewani yang berkualitas bagi tim medis yang berjuang di garis terdepan,” tambahnya.

Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya menambahkan, ini bukan kali pertama bagi korporasinya dalam mendukung penanganan Covid-19 oleh pemerintah. Sebelumnya juga telah melakukan sejumlah gerakan sosial sejenis terkait dengan penanganan pandemi oleh anak perusahaan.

Seperti bantuan berupa telur dan daging ayam melalui PT Ciomas Adisatwa, ikan dan tempura udang (PT Suri Tani Pemuka), liquid egg (PT Intan Kenkomayo Indonesia), dan produk olahan ayam (So Good Food). “Selain itu, di bawah naungan JAPFA Group juga turut memberikan bantuan berupa susu cair,” jelasnya.

Rachmat menambahkan, perusahaannya akan terus memantau perkembangan pandemi ini dan melanjutkan aksi untuk membantu pemerintah agar Indonesia dapat segera melewati situasi sulit akibat pandemi. “Kami juga berharap, akan lebih banyak lagi pihak yang mau mengulurkan tangan dan bersinergi dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini,” tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement