Rabu 18 Aug 2021 17:35 WIB

Polres Purbalingga Gelar Program Vaksinasi Moderna

Penyuntikan vaksin bagi masyarakat bukan dimaksudkan sebagai vaksin booster.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Polres Purbalingga, Jawa Tengah, kembali menggelar program vaksinasi massal Covid-19, Rabu (18/8). Bahkan jenis vaksin yang digunakan, bukan vaksin yang selama ini digunakan seperti Sinovac atau Sinopharm.

Melainkan Kegiatan dilaksanakan vaksin Moderna yang saat ini lebih banyak digunakan sebagai vaksin booster bagi tenaga kesehatan. ''Kami menyediakan vaksin Moderna sebanyak 29.400 dosis yang akan kami vaksinkan pada masyarakat selama Agustus 2021 ini,'' jelas Wakapolres Purbalingga, Kompol Sopanah, Rabu (18/8).

Namun dia menyebutkan, penyuntikan vaksin bagi masyarakat bukan dimaksudkan sebagai vaksin booster sebagaimana diberikan pada tenaga kesehatan. Melainkan sebagai vaksin pertama dan kedua. ''Karena itu, warga yang mendapat vaksin ini adalah warga yang sebelumnya memang belum mendapat vaksin,'' katanya.

Ia menyebutkan, program vaksinasi massal yang digelar Polres Purbalingga kali merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polda Jateng. Tujuannya, meningkatkan jumlah cakupan vaksin bagi masyarakat di Jateng, termasuk di Kabupaten Purbalingga.

Program vaksinasi ini dilaksanakan mulai Rabu (18/8) hingga beberapa hari ke depan. ''Prinsipnya, vaksin yang tersedia harus habis dalam Agustus 201 ini juga agar herd immunity di Kabupaten Purbalingga bisa tercapai,'' jelasnya.

Sedangkan kegiatannya,  selain dilaksanakan di tingkat Polres juga dilaksanakan di tingkat Polsek melalui kerja sama di masing-masing puskesmas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement