Rabu 18 Aug 2021 18:02 WIB

Ribuan Titik di Kabupaten Malang Dipasang PJU Tenaga Surya

Hibah PJU TS akan dipasangkan di sejumlah jalan desa dan pelosok.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri acara Serah Terima Percontohan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) di Balai Desa Sempal Wadak, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Rabu (18/8).
Foto: Humas Pemkab Malang
Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri acara Serah Terima Percontohan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) di Balai Desa Sempal Wadak, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Rabu (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Sekitar 5.500 titik di Kabupaten Malang akan dipasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS). Fasilitas ini akan diberikan oleh Lembaga Pengelola Proyek Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (LPP BIFBWD) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Sebagai langkah awal, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri acara Serah Terima Percontohan Pemasangan PJU TS di Balai Desa Sempal Wadak, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Rabu (18/8). Pada kegiatan ini turut hadir Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PU Bina Marga, serta Muspika Bululawang, Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh LPP BIFBWD. Hibah PJU TS ini akan disebar ke 378 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Malang. Didik berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Malang secara keseluruhan.

"Hal ini terutama dalam rangka mendukung sisi sektor ekonomi dan keamanan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif,” ungkap Didik.

Pemerintah Kabupaten Malang juga menyambut baik dan mengapresiasi LPP BIFBWD yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Dia juga menilai instansi tersebut telah berbakti dengan baik kepada masyarakat Indonesia. Dengan adanya bantuan PJU TS, Didik menargetkan, Indonesia dapat semakin tangguh dan masyarakatnya akan tumbuh.

Sementara itu, Deputi Kemitraan LPP BIFBWD, Irwansyah berharap pemasangan PJU TS bisa membawa dampak yang positif bagi masyarakat. Lebih khususnya bagi warga di daerah pelosok dan pedesaan untuk meningkatkan produkvitas. Kemudian juga sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pedalaman. 

Menurut Irwansyah, hibah PJU TS akan dipasangkan di sejumlah jalan desa dan pelosok. Artinya, tidak diprioritaskan untuk jalan provinsi maupun jalan nasional. Oleh karena itu, diharapkan adanya koordinasi agar akurasi penempatan bisa tepat guna sesuai dengan perencanaan. 

Dia juga berharap tidak ada resistensi sekecil apapun dengan adanya bantuan PJU TS.  Sebab, pihaknya menganggap PJU TS sebagai hibah sekaligus hadiah di Peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement