Rabu 18 Aug 2021 18:19 WIB

Pertumbuhan Bisnis Logistik saat Pandemi Lebih 30 Persen

Nilai bisnis TrawlBens mencatatkan pertumbuhan signifikan dibandingkan tahun lalu.

Bisnis logistik (ilustrasi).
Foto: dokpri
Bisnis logistik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga reda, bisnis logistik semakin bersinar. Potensi besar ini sejalan dengan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace. 

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memaparkan bahwa pertumbuhan bisnis logistik pada 2020 mencapai lebih dari 30 persen. Dan pertumbuhan sektor tersebut secara keseluruhan diperkirakan bisa mencapai Rp 40 triliun atau lebih setiap tahunnya. 

Karena itu, tak mengherankan jika banyak pemain logistik baru bermunculan seiring dengan potensi bisnis logistik yang akan terus bertumbuh. "Sektor logistik di Indonesia sangat menjanjikan sebagai peluang bisnis," ujar pendiri sekaligus CEO Trawlbens, Beni Syarifudin.

Hanya saja, Beni menekankan bahwa untuk sukses di bisnis logistik ini dibutuhkan kemampuan mengelola dan membentuk jaringan di samping modal besar. Para pemain logistik harus bisa memberikan efisiensi, visibilitas, dan konektifitas yang berkelanjutan (sustainable). Tujuannya, agar mereka dapat menjawab tantangan dan mengambil peluang-peluang bisnis. 

 

TrawlBens telah melakukan dan membuktikan bagaimana jaringan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dalam mengembangkan bisnis logistik. Faktor lainnya terkait tarif yang kompetitif dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi terutama untuk bermain di e-commerce dan marketplace. Tak dimungkiri e-commerce memberikan kontribusi lebih dari 50 persen bagi pendapatan bisnis logistik. "Potensi bisnis logistik sangat besar karena terpengaruh dengan pertumbuhan e-commerce," ujarnya.

Hingga semester II tahun 2021, kinerja Trawlbens menunjukkan pencapaian yang bagus. Saat ini, sudah terjalin 50 sampai 60 mitra bisnis strategis yang tersebar di kawasan Jabodetabek. Nilai bisnis TrawlBens mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pula dibanding tahun lalu.

"Saya ingin TrawlBens menjadi penggerak ekonomi Indonesia melalui revolusi logistik. Trawlbens akan menghubungkan kegiatan bisnis seluruh masyarakat di Indonesia secara luas, aman, efektif dan efisien dengan tarif kompetiti untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement