Kamis 19 Aug 2021 04:56 WIB

Pengenalan Kehidupan Kampus, PKKMB UNJ 2021 Digelar

Kegiatan PKKMB UNJ 2021 diselenggarakan secara luring dan daring.

PKKMB UNJ 2021
Foto: dokpri
PKKMB UNJ 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengenalkan mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terhadap kehidupan kampus, UNJ menggelar PKKMB UNJ 2021. PKKMB merupakan kepanjangan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Acara tahunan ini diselenggarakan dari tanggal 9 Agustus 2021 sampai 21 Agustus 2021. 

Garis waktu PKKMB UNJ 2021 dimulai dari Pra event Festival Minat dan Bakat yang sudah diselenggarakan pada tanggal 9-13 Agustus 2021. Lalu kegiatan pembuka PKKMB UNJ 2021 pada tanggal 16 Agustus 2021. Kegiatan selanjutnya yaitu upacara bendera secara virtual dan senam sensi pada tanggal 17 Agustus 2021. Sedangkan pada tanggal 18-19 Agustus 2021 diisi dengan PKKMB Fakultas dan Kelas Online. Kemudian tanggal 20 Agustus 2021 diisi dengan PKKMB Prodi; dan untuk penutupan PKKMB UNJ 2021 pada tanggal 21 Agustus 2021.

PKKMB UNJ 2021 mengusung tema “PKKMB Mewujudkan Mahasiswa UNJ Unggul dan Bereputasi di Kawasan Asia”. Kegiatan ini juga disemarakan dengan Pekan Sains, Teknologi, dan Akuntansi Mahasiswa (PESTA) Daring UNJ Tahun 2021. 

Kegiatan PKKMB UNJ 2021 diselenggarakan secara luring dan daring. Secara luring kegiatan PKKMB UNJ 2021 dilaksanakan di Aula Gedung Bung Hatta lantai 2, Kampus A UNJ. Kegiatan luring ini hanya dihadiri oleh para pimpinan UNJ, panitia dan tamu undangan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimana acara luring dihadiri oleh rektor dan para wakil rektor, ketua dan sekretaris senat, para ketua lembaga, dekan dan direktur pascasarjana, kepala badan dan kepala biro dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ. Terdapat juga tamu undangan yakni Pimpinan Perguruan Tinggi LPTK dan Perguruan tinggi lainnya, Kepala Dinas Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, dan Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Sedangkan secara daring untuk peserta (mahasiswa baru UNJ) dan beberapa panitia PKKMB UNJ 2021 melalui zoom live streaming.

Dalam penyampaian laporan kegiatan PKKMB UNJ 2021, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Abdul Sukur mengatakan, kegiatan PKKMB UNJ 2021 ini diikuti 6433 mahasiswa baru, dengan rincian sebagai berikut: Fakultas Ilmu Pendidikan terdapat sebanyak 912 Mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni terdapat sebanyak 783 Mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdapat sebanyak 938 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial terdapat sebanyak 736 Mahasiswa, Fakultas Teknik terdapat sebanyak 1315 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan terdapat sebanyak 455 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi 1051 Mahasiswa, Fakultas Pendidikan Psikologi 243 Mahasiswa. "Selamat datang untuk seluruh mahasiswa baru UNJ. Saya berharap Anda selalu membawa nama baik UNJ dan meningkatkan prestasi positif bagi diri sendiri, dan khususnya UNJ," ungkap Abdul Sukur.

Sementara itu Staf Ahli Pengembang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Shandy Aditya menjelaskan bahwa perjalanan pandemi dari tahun lalu sampai sekarang menjadi tantangan untuk segenap civitas akademi UNJ agar terus berkreasi dan berinovasi. "Pembukaan PKKMB UNJ tahun ini berjalan jauh lebih smooth dibandingkan tahun kemarin, ini menandakan kami terus mengevaluasi diri dan menyesuaikan kondisi tanpa mengurangi esensi PKKMB, ungkap Shandy Aditya.

Lebih lanjut Shandy Aditya, menambahkan bahwa 6.000 lebih mahasiswa dapat di akomodir dengan baik dengan metode hibrid, dihadiri hanya oleh pimpinan universitas, dan perwakilan mahasiswa sesuai protokol kesehatan, dan diikuti mahasiswa lain secara daring. 

“Satu kata “puas” untuk kerja sama apik dari para panitia, tim pustikom, serta para pimpinan yang memberikan ruang kepada kami untuk berkreasi," ungkap Shandy Aditya.

Sedangkan Rektor UNJ Prof Komarudin dalam sambutannya mengatakan, ada empat poin penting diselenggarakannya PKKMB, di samping sebagai agenda rutin tahunan, yaitu pertama,sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru, agar mahasiswa baru mampu beradaptasi secara akademik-non akademik. Kedua, pengenalan visi dan budaya kampus, yang merupakan Perguruan Tinggi unggul dan salah satu LPTK terbaik di Indonesia yang mempunyai visi menjadi “Kampus Bereputasi di Kawasan Asia”. Ketiga, pengenalan wawasan kebangsaan, diharapkan mengungatkan kesadaran dan kecintaan mahasiswa baru kepada tanah air dan NKRI. Keempat, pengenalan wawasan global, diharapkan mahasiswa baru harus mampu menjadi global citizen yang memiliki global mindset, dan dapat bergaul di tingkat global.

Komarudin berharap kegiatan PKKMB UNJ 2021 dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan sekalipun terbatasi dimasa pandemi saat ini. "Semoga PKKMB UNJ 2021 berjalan dengan sukses dan selamat datang mahasiswa baru UNJ, serta selamat mengukir prestasi demi nama baik UNJ," ungkap Komarudin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement