Kamis 26 Aug 2021 16:01 WIB

Pertamina Cilacap Serahkan Bantuan 61 Konsentrator Oksigen

Bantuan yang disalurkan disesuaikan dengan kondisi pandemi sekarang ini.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Unit konsentrator oksigen di gudang penyimpanan.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Unit konsentrator oksigen di gudang penyimpanan.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Dalam rangka Hari Jadi ke-45, Pertamina Refenery Unit (RU) Cilacap menggelar berbagai aksi sosial. Beberapa kegiatan dilakukan, antara lain menyalurkan bantuan berupa 61 unit oxygen concentrator (konsentrator oksigen) dan santunan bagi anak yatim.

''Bantuan berupa alat konsentrator oksigen ini kita salurkan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang terjadi sekarang ini,'' jelas Pjs Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Ferdy Saputra, Kamis (26/8).

Penyerahan bantuan itu sebelumnya dilaksanakan dalam tasyakuran HUT ke-45 Pertamina yang digelar secara sederhana di Gedung Patra Graha Kabupaten Cilacap. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh General Manager Pertamina RU Cilacap, Eko Sunarno, kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi.

Ferdy menyebutkan, alat konsentrator oksigen yang diserahkan Pertamina ada sebanyak 61 unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 56 unit diserahkan pada Dinas Kesehatan untuk didistribusikan di puskesmas-puskesmas yang ada di wilayahnya. Sedangkan lima unit lainnya, diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap.

Sedangkan santunan bagi anak yatim piatu yang diserahkan tercatat sebesar Rp 45 juta. Bantuan secara simbolis diserahkan Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) Didik Subagyo kepada Baituzzakah Pertamina (Bazma), untuk diteruskan kepada 225 anak yatim.

GM Pertamina RU Cilacap, Eko Sunarno, menyatakan momentum 45 tahun Pertamina RU Cilacap diperingati secara sederhana dan terbatas mengingat kondisi pandemi. ''Tasyakuran kali ini dilakukan dengan pembatasan ketat dengan jumlah tamu terbatas. Selebihnya mengikuti secara virtual,'' katanya.

Ia juga menyebutkan, dalam peringatan HUT ini Pertamina RU IV melaksanakan kegiatan berbagi pada sesama sebagai wujud kepedulian dan hadirnya Pertamina  di masa pandemi. ''Sesuai instruksi dari pimpinan, kegiatan berbagi pada sesama kami laksanakan secara rutin dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya dalam rangka memeringati HUT kali ini saja,'' jelas dia.

Kepala Dinkes Cilacap dr Pramesti, dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaan atas kepedulian Pertamina memberikan bantuan alat konsentrator oksigen. ''Bantuan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman di puskesmas dan juga masyarakat Cilacap. Meski tren pandemi mulai turun, namun masih belum tuntas,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement