Kamis 02 Sep 2021 05:46 WIB

Mahasiswa UB Ciptakan Biskuit Antimual untuk Ibu Hamil

Pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih sangat minim.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat biskuit antimual untuk ibu hamil dari bahan porang.
Foto: Humas UB
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat biskuit antimual untuk ibu hamil dari bahan porang.

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat biskuit antimual untuk ibu hamil dari bahan porang. Produk ini dinamakan Amora Pregnancy Biskuit.

Perwakilan tim, M Ahmad Talkhis menjelaskan, porang (Amorphophallus muelleri) termasuk salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi. Glukomanan merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan rasa kenyang. "Juga bisa memperlambat pengosongan perut sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit," kata Talkhis.

Menurut Talkhis, pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih sangat minim. Selain itu, pasar porang masih didominasi untuk kebutuhan ekspor. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk mengolah porang menjadi produk pangan sehat yang memiliki nilai jual seperti biskuit sehat bagi ibu hamil.

Amora Pregnancy Biscuit merupakan produk olahan porang sebagai bentuk makanan berupa biskuit untuk makanan pendamping ibu hamil. Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang. Dengan demikian, dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama dan menekan asam lambung yang dapat mengurangi mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum.

Dengan mengkonsumsi Amora Pregnancy Biscuit, ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan janin.

Selain itu, kehadiran produk juga diharapkan dapat menjadi pencerah bagi petani karena permintaan bahan dasar porang berpeluang meningkat. "Dan nantinya dapat meningkatkan nilai jual porang sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani," ungkapnya.

Amora Pregnancy Biskuit merupakan inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Inovasi ini telah mendapat medali perak pada ajang internasional Korean International Women's Invention Exposition (KIWIE) 2021. Pencapaian tersebut diharapkan diharapkan agar Amora Pregnancy Biscuit tak hanya dikenal di Indonesia namun juga dikenal di kancah internasional.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement