Ahad 05 Sep 2021 18:13 WIB

Pemkot Surakarta Segera Perbaiki Bangunan Pasar Gede

Perbaikan Pasar Gede harus dilakukan karena atap bocor dan drainase tidak lancar.

Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Maulana Surya
Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta segera memperbaiki bangunan Pasar Gede Solo menyusul kerusakan yang terjadi di sejumlah titik. Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi mengatakan proses lelang sudah dilakukan sejak awal bulan Juli dan diperkirakan pembangunan dimulai pada 28 Oktober 2021.

"Untuk nilainya Rp 1,030 miliar. Sedangkan pembangunan meliputi sirap, sebagian talang, pengecatan, atap sebelah barat, dan drainase," kata Heru.

Ia mengatakan perbaikan harus segera dilakukan karena banyak atap yang bocor dan drainase tidak lancar. Meski demikian, mengingat Pasar Gede merupakan bangunan cagar budaya maka dalam perbaikannya tidak mengubah aslinya.

"Jadi hanya melakukan perbaikan, tidak boleh menurunkan kelas bangunan, mengubah bangunan, dan merusak bangunan. Nanti dalam prosesnya juga akan didampingi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, nantinya pemerintah juga akan berupaya mengubah pola pikir pedagang agar lebih tertib dalam berjualan. "Lebih maju dalam inovasinya, termasuk kalau kemarin transaksinya manual sekarang lebih banyak transaksi nontunai untuk pedagang. Apalagi Pasar Gede ini geliatnya cukup bagus di masa pandemi," katanya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan nantinya akan ada perbaikan fasad bangunan pasar. "Selain itu juga akan ada perbaikan lantai dua, kan ada kebocoran. Nanti kami perbaiki semuanya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement