Rabu 29 Sep 2021 15:58 WIB

Walkot Dorong Warga Berperan dalam Penyelenggaraan PAUD

Pendidikan pada awal masa pertumbuhan anak merupakan tahapan yang penting.

Kegiatan pemberian penghargaan dalam acara Askrindo-PAUD Award di Command Center, Komplek Kantor Bupati Magelang, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Bumn
Kegiatan pemberian penghargaan dalam acara Askrindo-PAUD Award di Command Center, Komplek Kantor Bupati Magelang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mendorong warga berperan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang terjangkau dan berkualitas untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

"PAUD membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut," kata Aziz, Rabu (29/9).

Pada Pengukuhan Bunda PAUD Tahun 2021 di Gedung Wanita Kota Magelang, Selasa (28/9), ia mengatakan PAUD merupakan bagian dari upaya pembinaan anak hingga usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan.

"Kita tidak boleh cepat berpuas diri, pekerjaan dan pencapaian besar untuk memasyarakatkan PAUD masih menunggu, melalui intervensi kebijakan pemerintah, dengan menggerakkan instrumen pemerintah dari level kota sampai kelurahan, RW dan RT," kata dia.

Wali Kota mengingatkan Bunda PAUD, yang berperan dalam pendidikan anak secara sukarela dan dilandasi cinta kasih, harus bisa menjadi lokomotif dalam mengoptimalkan peran dan meningkatkan kualitas PAUD.

Dia juga mengemukakan pentingnya PAUD dalam mendukung pengoptimalan pertumbuhan dan perkembangan anak agar pada saatnya mereka memiliki kesiapan mental yang baik dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.

Menurut dia, pendidikan pada awal masa pertumbuhan anak merupakan tahapan yang penting karena pada fase itu otak tumbuh dengan cepat, mampu menyerap semua yang dilihat dan didengar, yang positif maupun negatif.

"Jangan sampai mendapatkan contoh sikap, perilaku, perkataan, maupun berita yang tidak pas untuk mereka. Sebab mereka memiliki daya rekam yang tinggi," kata dia.

Wali Kota juga menekankan pentingnya peran tiga pusat pendidikan bagi anak, yakni keluarga, masyarakat, dan sekolah. "Semua diminta berperan aktif dalam menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing masing," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement