Kamis 30 Sep 2021 19:30 WIB

Kapolda dan Pangdam Pantau Langsung Vaksinasi di Grobogan

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kawasan Semarang Raya masih berkisar 55 persen.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lufhti memimpin apel Kesiapan Satgas Penanganan Covid-19 Polda/Kodam di lapangan parkir Stadion Manahan Solo, Selasa (6/7).
Foto: Humas Pemkot Solo
Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lufhti memimpin apel Kesiapan Satgas Penanganan Covid-19 Polda/Kodam di lapangan parkir Stadion Manahan Solo, Selasa (6/7).

REPUBLIKA.CO.ID, GROBOGAN—Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto melakukan safari ke Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan untuk memantau vaksinasi Covid-19, Kamis (30/9). Safari pimpinan Polri dan TNI di Jawa Tengah ini juga untuk memotivasi program percepatan vaksinasi di dua daerah Semarang Raya yang dinilai masih rendah.

Di Kabupaten Demak, Kapolda Jawa Tengah dan Pangdam IV/Diponegoro beserta sejumlah pejabat utama mengunjungi sentra vaksinasi yang dilaksanakan di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) setempat. Di sentra vaksinasi gedung IPHI Kabupaten Demak, program percepatan vaksinasi Covid-19 sinergi TNI dengan Polri tersebut menyasar 5.000 orang warga.

Sedangkan di Kabupaten Grobogan, rombongan Kapolda dan Pangdam meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Manbaul A’laa, Jagalan Utara, Kecamatan Purwodadi. Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, percepatan vaksinasi Covid-19 merupakan sebuah keniscayaan. Roda perekonomian mulai bergerak dan masyarakat sudah berangsur normal, meskipun masih dibatasi aturan prokes yang ketat.

“Oleh karena itu, pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 harus digenjot secara simultan, pelaksana di lapangan juga harus sinergis agar target cakupan dapat dioptimalkan,” ujarnya, kepada wartawan, Kamis (30/9).

Kapolda juga menyebut, capaian vaksinasi sekitar 28 persen di Kabupaten Grobogan masih kurang. “Meski begitu, sinergitas dan kerja sama antarlembaga telah mampu menunjukkan progres program vaksinasi yang semkin bagus,” kata dia.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudiyanto menyampaikan, capaian vaksinasi ideal harus dapat dicapai agar herd immunity segera terbentuk di Jawa Tengah, khususnya di kawasan aglomerasi Semarang Raya. Menurutnya, semua stakeholder harus mengambil langkah inovatif dan kreatif agar jumlah warga yang ikut vaksinasi dapat meningkat dengan pesat.

Terlebih capaian vaksinasi Covid-19 untuk kawasan Semarang Raya masih berkisar 55 persen. “Untuk itu, program percepatan vaksinasi di kawasan Semarang Raya ini masih harus didorong lagi paling tidak bisa segera mencapai 70 persen, agar kekebalan komunal dapat segera terbentuk,” jelasnya.

Baik Kapolda Jawa Tengah maupun Pangdam IV/Diponegoro selanjutnya juga mengharapkan agar masyarakat semakin aktif proaktif dan berpartisipasi dalam mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19. Seperti program vaksinasi ‘Merdeka Candi’ yang dilaksanakan di kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement