Ahad 03 Oct 2021 20:02 WIB

Yogya Optimistis Tuntaskan Vaksinasi Sepekan Kedepan

Pemkot Yogyakarta optimistis sepekan kedepan vaksinasi dosis pertama capai 100 persen

Rep: Silvy Dian Setiawan   / Red: Bayu Hermawan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi
Foto: istimewa
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta optimistis menuntaskan vaksinasi Covid-19 dalam sepekan kedepan. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan diperkirakan sepekan kedepan vaksinasi dosis pertama untuk warga yang layak vaksin sudah 100 persen.

"Dalam sepekan kedepan kami tuntaskan vaksinasi untuk warga Kota Yogya dan domisili di Kota Yogya. Kami optimis insya Allah Oktober ini seluruh warga Kota Yogya yang layak vaksin sudah divaksin semua," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut, Ahad (3/10).

Baca Juga

Heroe menyebut, capaian vaksinasi penduduk Kota Yogyakarta sekitar 73 persen jika dibandingkan dengan total penduduk kota yang wajib vaksinasi. Namun, bagi penduduk wajib vaksin yang dikurangi dengan warga yang belum dapat menerima vaksin, maka capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 82 persen.

Pasalnya, kendala capaian vaksinasi saat ini karena adanya warga yang belum dapat menerima vaksin. Seperti penyintas Covid-19 dan warga yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

"Pada kenyataannya tiap RT sudah kesulitan untuk mencari warga yang belum divaksin. Jadi biasanya ketemunya orang-orang yang belum divaksin karena penyintas atau memiliki komorbid," ujar Heroe.

Walaupun begitu, ia mengimbau agar warga dengan komorbid dapat memeriksakan diri. Sehingga, diharapkan warga dengan komorbid ini dapat divaksin jika memungkinkan untuk mendapatkan vaksin.

"Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta tinggal menunggu waktu  warga penyintas Covid-19 dan memiliki komorbid memenuhi syarat untuk divaksin," jelas Heroe.

Sementara itu, berdasarkan capaian vaksinasi di tingkat kecamatan di Kota Yogyakarta, sudah ada yang menuntaskan vaksinasi dosis pertama yakni Kecamatan Kotagede. Pihaknya mengklaim, rata-rata capaian vaksinasi di kecamatan yang belum tuntas vaksinasi dosis satu sudah sekitar 90 persen.

Heroe menyebut, ada beberapa kecamatan lainnya yang segera menuntaskan pelaksanaan vaksinasi untuk dosis pertama. Mulai dari Kecamatan Pakualaman, Kecamatan Gondokusuman dan Kecamatan Jetis. 

Secara keseluruhan, berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 DIY, capaian vaksinasi di seluruh kabupaten/kota se-DIY sudah di angka 82,80 persen per 2 Oktober 2021. Capaian vaksinasi ini merupakan dosis pertama.

Kepala Bagian Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, total sasaran vaksinasi se-DIY sendiri mencapai 2.879.699 orang. Sehingga, 82,80 persen yang sudah tervaksin terdiri dari 2.384.476 orang.

"Sedangkan, untuk capaian vaksinasi dosis pertama di DIY mencapai 49,06 persen atau 1.412.742 orang," kata Ditya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement