Rabu 06 Oct 2021 23:53 WIB

Polresta Sidoarjo Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Sasar Lansia

Masyarakat diimbau segera datangi gerai-gerai vaksinasi COVID-19.

Polresta Sidoarjo Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Sasar Lansia (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Polresta Sidoarjo Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Sasar Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, menggencarkan vaksinasi COVID-19 kepada warga khususnya lanjut usia menyusul capaian vaksinasi yang baru mencapai 65 persen dari 1,6 juta sasaran.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, saat ini pihaknya juga menggencarkan vaksinasi untuk lansia karena capaian masih rendah. "Dari data yang ada, capaian vaksinasi untuk lansia masih ada di kisaran 38 persen," katanya di sela peninjauan vaksinasi di Sekolah Antartika Sidoarjo dan Klenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo, Rabu (6/10).

Ia mengatakan vaksinasi akan terus digencarkan sebagai upaya membentuk kekebalan komunal bagi masyarakat dalam menghadapi virus corona atau COVID-19. "Polresta Sidoarjo setiap hari membuka gerai-gerai vaksinasi, termasuk berupa layanan vaksinasi keliling," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar segera datangi gerai-gerai vaksinasi COVID-19 yang dibuka oleh Kepolisian maupun TNI, Pemkab Sidoarjo atau pihak penyelenggara lainnya. Harapannya, dengan semakin cepat dan banyak warga yang divaksinasi maka kekebalan komunal bisa terbentuk sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Update terbaru capaian vaksinasi di wilayah kita, untuk tahap pertama sudah mencapai 65 persen. Karena kami terus menghimbau kepada semua warga, ayo silahkan datangi gerai-gerai vaksin yang ada. Karena dengan vaksinasi akan semakin cepat membentuk kekebalan komunal," katanya.

Namun, menurut Kapolresta Sidoarjo yang juga sebagai Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, dari evaluasi pelaksanaan vaksinasi yang sudah berjalan, kita masih kurang mengalami kenaikan signifikan pada kalangan lansia. "Di Kabupaten Sidoarjo vaksinasi tahap pertama pada lansia masih di kisaran 38 persen," katanya.

Sebab itu, langkah yang akan dilakukan pihaknya akan memasifkan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat, hingga wilayah pelosok desa melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan puskesmas agar semakin aktif ke warga-warga. Agar para lansia yang belum di vaksin nantinya berkenan untuk divaksin.

"Lansia termasuk kalangan rentan lemah imunitasnya, karenanya mari bagi keluarga yang orang tua atau kakek neneknya belum di vaksin, untuk membantu kami menjelaskan ke mereka bahwa vaksinasi COVID-19 merupakan upaya baik, aman dan halal guna memutus mata rantai penyebaran virus corona," pesan Kapolresta Sidoarjo.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement