Sabtu 09 Oct 2021 00:06 WIB

Mahasiwa UPNVY Sumbang Medali di PON XX Papua

Olahraga Aerosport Gantole sudah ditekuni sejak duduk di bangku SMP.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mahasiwa UPNVY Sumbang Medali di PON XX Papua (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Mahasiwa UPNVY Sumbang Medali di PON XX Papua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menorehkan prestasi di PON XX Papua. Mahasiswa Teknik Perminyakan 2017, Muhammad Ridwan Firdaus, meraih perak di Aerosport Gantole Kategori Lintas Alam Jarak Perorangan Kelas B.

Atas prestasinya, Ridwan berhasil menyumbang perolehan medali untuk kontingen Kalimantan Timur yang diwakili. Putra dari Wawan Supryatna tersebut mengaku harus menunda kuliah sementara waktu untuk berlatih menyiapkan pertandingan.

Ridwan harus mengikuti program latihan intensif yang disiapkan dari kontingen selama empat bulan. Pria kelahiran 13 Juli 1999 di Tasikmalaya itu bersyukur, seluruh usaha yang diperjuangkan ini membuahkan prestasi yang membanggakan.

"Alhamdulillah membuahkan hasil, ini sebuah prestasi yang membanggangkan bagi saya," kata Ridwan, Jumat (8/10).

Untuk olahraga Aerosport Gantole sudah ditekuni sejak duduk di bangku SMP, dan memang dikenalkan sang ayah yang juga atlet gantole. Sejak 14 tahun, kecintaan Ridwan ke gantole dimulai dari mencoba tandem paralayang yang ternyata disukai.

Sejak itu, Ridwan sering berlatih paralayang, namun dengan pertimbangan harus memutuskan untuk beralih ke olahraga gantole. Akhirnya, pada akhir 2017, dia resmi menjadi atlet gantole mewakili kontingen Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Berlatih paralayang maupun gantole, kata Ridwan membutuhkan persiapan yang sangat matang karena bergantung dengan cuaca dan arah angin. Perbedaannya, hanya ada di peralatan karena paralayang rangka sedangkan gantole parasut.

"Karena kuliah di Yogyakarta, saya berlatih di Parangtritis. Lanjut latihan di puncak, Majalengka, Bandung dan lainnya. Biasanya, latihan saat libur kuliah," ujar Ridwan.

Sejak menjadi atlet, Ridwan sudah meraih beberapa prestasi. Seperti perunggu medali kategori ketepatan mendarat kelas B Kejurnas KASAU CUP Yogya Airshow 2018 dan perak kategori ketepatan mendarat kelas B Pra PON 2019 Jawa Barat. 

"Saya akan fokus menyelesaikan tugas akhir dulu, selanjutnya, baru fokus lagi di gantole," kata Ridwan.

Medali perunggu turut ditorehkan mahasiswa UPNVY dari Fakultas Teknik Industri, Valeria Paulini Yuwono, di cabor renang perairan terbuka 5.000 meter di Teluk Yos Sudarso, PON XX Papua. Wakili DIY, Paulini catatkan waktu 01.13.21 detik.

Paulini menekankan, menjadi atlet yang dapat mewakili DIY di gelaran nasional seperti ini merupakan kebanggaan yang luar biasa. Karenanya, Paulini mengaku mendapatkan dorongan yang juga besar untuk menorehkan prestasi yang terbaik.

"Berlatih keras dan berusaha menampilkan yang terbaik kewajiban saya sebagai atlet, dan berhasil membawa pulang medali kebanggaan dan capaian yang sangat saya syukuri," ujar Paulini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement