Selasa 19 Oct 2021 16:50 WIB

Pustakawan UMM Juara Indonesian Academic Librarian Award

Prestasi ini bukan sekadar capaian personal tetapi juga untuk UMM.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pustakawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dian Puspitasari meraih juara satu pada ajang Indonesian Academic Librarian Award (IALA).
Foto: Humas UMM
Pustakawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dian Puspitasari meraih juara satu pada ajang Indonesian Academic Librarian Award (IALA).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pustakawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dian Puspitasari, meraih juara satu pada ajang Indonesian Academic Librarian Award (IALA). Perlombaan ini diadakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) secara daring melalui kanal Zoom.

Dian menceritakan, persiapan lomba ini telah dilakukannya selama dua bulan. Selama persiapan, pustakawan asal Jombang tersebut aktif dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah. Selain itu Dian juga mengikuti beberapa seminar, pelatihan, serta organisasi kepustakawanan.

Menurut Dian,.lompetisi tersebut diikuti oleh para perwakilan pustakawan terbaik FPPTI tingkat wilayah. Setelah lolos di tahap seleksi portofolio dan karya tulis unggulan, terdapat lima finalis yang masuk ke babak final. Pada sesi final, kelima finalis tersebut harus mempresentasikan tulisan unggulan mereka di depan para dewan juri.

Tulisan unggulan yang Dian sertakan pada lomba ini berfokus ke transformasi literasi informasi dengan penerapan pendampingan publikasi menuju SINTA di UMM. Pengambilan tema ini didasarkan pada tranformasi literasi di perpustakaan UMM saat pandemi dan perkembangan signifikan terhadap penulisan artikel ilmiah.

"Diharapkan, program ini nantinya akan semakin memudahkan mahasiswa dalam penyusunan artikel ilmiah ke SINTA,” ungkap anak terakhir dari dua bersaudara itu.

Ia mengatakan, capaian prestasi ini bukan sekadar capaian personal tetapi juga untuk UMM. Namun juga rekan-rekan pustakawan Jawa Timur sebagai tempat menjalin jaringan, sharing, dan caring. Dian berharap dapat selalu mengembangkan diri di bidang kepustakawanan ke depannya.

"Selain itu mencoba senantiasa berinovasi dalam situasi apapun dan memiliki kebermanfaatan bagi sivitas akademika serta masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UMM, Asep Nurjaman mengatakan, pihaknya selalu melakukan program, kegiatan, dan inovasi agar sejalan dengan visi misi kampus untuk go internasional. Peningkatan juga senantiasa dilaksanakan, baik di aspek SDM, kultur, dan infrastruktur.

Beberapa cara untuk meningkatkan kualitas SDM seperti pelatihan, motivasi kerja, dan memberangkatkan para pustakawan ke luar negeri agar wawasan mereka semakin terbuka. Terkait prestasi Dian, Asep merasa banga dan bersyukur salah satu pustakawan UMM mampu meraih juara satu pustakawan nasional.

Hal ini menunjukkan UMM benar-benar telah menyiapkan dengan baik semua aspek yang, khususnya di perpustakaan. Selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan perbaikan, inovasi, dan pengembangan kompetensi dalam rangka mendukung visi misi universitas.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement