Senin 25 Oct 2021 22:10 WIB

Anggota TNI Gadungan Tipu Sejumlah Orang di Semarang

Aksi penipuan tersebut dilakukan pelaku di sebuah warung makan.

Anggota TNI Gadungan Tipu Sejumlah Orang di Semarang (ilustrasi).
Foto: calvarychapelabuse.com
Anggota TNI Gadungan Tipu Sejumlah Orang di Semarang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Seorang pria anggota TNI gadungan diduga menipu beberapa orang di Kota Semarang hingga membawa kabur sepeda motor milik korbannya itu.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Lumbantoruan mengatakan upaya penipuan yang dilakukan tersangka Handoko (37) warga Lopait, Kabupaten Semarang, itu terungkap setelah korbannya melapor ke polisi.

Menurut dia, aksi penipuan tersebut dilakukan pelaku di sebuah warung makan yang sengaja didatanginya. "Ketika di warung itu pelaku bercerita kalau dirinya merupakan anggota Kopassus," katanya, Senin (25/10).

Untuk meyakinkan korbannya, lanjut dia, pelaku yang berpotongan rambut cepak itu juga menggunakan celana dengan motif seragam TNI. Menurut dia, pelaku kemudian membujuk korban agar diizinkan untuk meminjam sepeda motor untuk mengambil uang di ATM.

 

"Saat meminjam sepeda motor itu kemudian pelaku tidak kembali," katanya.

Dari hasil penyelidikan, tersangka akhirnya ditangkap di kawasan Terminal Terboyo Semarang. Dalam pengembangannya, setidaknya sudah tiga orang yang kehilangan sepeda motor akibat modus kejahatan yang dilakukan tersangka itu.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement