Rabu 27 Oct 2021 11:47 WIB

Ribuan Keluarga di Jatim Peroleh Sambungan Listrik Gratis

Khusus di Jawa Timur, ada 3.100 keluarga pra sejahtera yang menjadi sasaran program.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Skema baru listrik gratis
Foto: Tim infografis Republika
Skema baru listrik gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur kembali menyelenggarakan program PLN Mobile Virtual Run and Ride 2021 dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-76. Secara nasional, PLN bakal memfasilitasi sambung listrik gratis bagi 18 ribu keluarga pra sejahtera. Khusus di Jawa Timur, ada 3.100 keluarga pra sejahtera yang menjadi sasaran program tersebut. Fokus utamanya adalah keluarga pra sejahtera di Jember.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto menjelaskan, program PLN Mobile Virtual Run and Ride merupakan merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja dan digelar mulai 16 Oktober hingga 7 November 2021 untuk tujuan beramal. Mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku” peserta diajak menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda.

"Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40 ribu dan sepeda sebesar Rp 36 ribu," kata Adi, melalui siaran tertulisnya, Rabu (27/10).

Adi mengatakan, ini merupakan kali kedua pihaknya menggelar PLN Mobile VCRR ini. Tahun 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera. Sedangkan hingga saat ini PLN Mobile VCRR telah diikuti 1.311 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul sudah mencapai Rp. 447.049.200.

Kegiatan PLN Mobile VCRR ini sekaligus sebagai komitmen perusahaan untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan upaya meningkatkan Rasio Elektirifikasi (RE). Saat ini Rasio Elektrifikasi di Jawa Timur mencapai 106,21 persen.

“Kami berharap pada momentum Hari Listrik Nasional ke-76 ini, manfaat listrik untuk kehidupan yang lebih baik juga dirasakan 3100 keluarga pra sejahtera ini. Untuk mewujudkan terang di seluruh negeri, menjadi negeri yang tangguh dan tumbuh ekonominya,” kata Adi.

Selain Jember, secara bertahap PLN akan memberikan bantuan sambung listrik gratis kepada masyarakat di Ponorogo, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Pacitan, dengan total 3.100 rumah tangga pra sejahtera. Pada momentum HLN ke-76, PLN juga memberikan bantuan bedah rumah kepada pensiunan PLN senilai Rp. 195.251.600.

"Bantuan bedah rumah ini merupakan wujud terimakasih PLN kepada para purna pejuang kelistrikan yang telah mengabdi setulus hati pada masanya, semoga di usia senja mereka dapat hidup di tempat yang layak," kata Adi.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan di daerah yang dipimpinnya masih banyak masyarakat yang belum menikmati listrik. Ia pun menyambut baik program tersebut dalam upaya menyalurkan listrik untuk keluarga kurang mampu. Diharapkan nantinya keluarga pra sejahtera yang mendapat bantuan bisa menjadi lebih sejahtera.

"Mari kuatkan sinergi dan bersama dengan Pemkab Jember semoga 2024 sudah teraliri listrik PLN semua. Dengan program ini, semoga masyarakat yang pra sejahtera menjadi sejahtera semua," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement