Kamis 18 Nov 2021 17:18 WIB

Baznas Sleman Alokasikan Dana ZIS untuk Penanganan Pandemi

Pendayagunaan ZIS Baznas Sleman dilaksanakan dalam bentuk lima program.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman, DIY, mengalokasikan dana Rp 1 miliar ke Pemkab Sleman untuk membantu penanganan pandemi covid. Bantuan ini diserahkan secara simbolis Ketua Baznas Sleman kepada Wakil Bupati Sleman.

Ketua Baznas Sleman, Kriswanto mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari zakat, infak dan sedekah (ZIS) ASN-ASN Pemkab Sleman, pengusaha, dan warga Sleman yang dihimpun Baznas. Ia berharap, bantuan ini dapat memberikan kemanfaatan. "Bagi masyarakat Kabupaten Sleman yang membutuhkan," kata Kriswanto, Kamis (18/11).

Ia mengungkapkan, target penghimpunan dana ZIS untuk 2021 sebesar Rp 5,5 miliar. Sedangkan, sampai akhir Oktober 2021 ini, penghimpunan yang dilakukan Baznas Sleman sudah tercapai melebihi target yaitu sebesar Rp 6 miliar.

Pentasharufan dan pendayagunaan ZIS Baznas Sleman ini dilaksanakan dalam bentuk lima program. Mulai Sleman Produktif, Sleman Sehat, Sleman Cerdas, Sleman Takwa, sampai Sleman Peduli. Dengan rincian bantuan dari Sleman Cerdas Rp 724.900.000.

 

Kemudian, Sleman produktif (Kita Jaga Usaha) Rp 110.620.000, Sleman Peduli Anak Yatim Piatu Rp 90.000.000 dari program sosial Bank Indonesia, Sleman Peduli Covid Perempuan Terdampak Rp 71.000.000, dan Sleman Sehat Rp 50.000.000.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berharap, lewat kegiatan ini mampu dibangun komitmen dalam memperbarui kesanggupan dan kesadaran bersama. Terutama, dalam rangka meningkatkan pengumpulan zakat seluruh masyarakat di Kabupaten Sleman.

Selain itu, secara substansial zakat termasuk kategori kewajiban yang mempunyai dua dimensi penghambaan diri kepada Allah SWT dan dimensi sosial. Dimensi sosial zakat terlihat kepada obyek utamanya, yakni pemenuhan kebutuhan hidup mustahiq.

Yang mana, lanjut Danang, sebagian besar masyarakat ekonomi kelas bawah dan peningkatan taraf hidup mereka. Sehingga, mereka bisa terbebas dari kemiskinan, bisa hidup layak dan berbalik jadi penolong orang lain yang menerima bantuan.

Ia turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini telah mengamanahkan sebagian rezekinya untuk dikelola Baznas Sleman. Apalagi, perolehan zakat di Baznas terus meningkat setiap tahunnya. "Semoga dana yang telah ditasharrufkan melalui berbagai program dapat tepat sasaran," ujarnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement